Implementasi Pendekatan Saintifik Dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (PTK Siswa Kelas XI IPA 1 SMA 8 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014)

Rachmawati, Fika Rizqi and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2014) Implementasi Pendekatan Saintifik Dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (PTK Siswa Kelas XI IPA 1 SMA 8 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (864kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (156kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pendekatan saintifik dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe TGT. Tipe penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru SMA Negeri 8 Surakarta sebagai pemberi tindakan dan siswa kelas XI IPA 1 sebagai subjek penerima tindakan dengan jumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain : observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Validitas data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang dapat terlihat dari indikator berikut, antara lain : 1) kemampuan mengajukan ide, gagasan dan tanggapan meningkat dari 24% menjadi 76%, 2) kemampuan memahami masalah meningkat dari 16% menjadi 72%, 3) kemampuan memecahkan masalah meningkat dari 16% menjadi 68%, 4) kemampuan menyimpulkan suatu pernyataan meningkat dari 20% menjadi 72%. Oleh karena itu, berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi pendekatan saintifik dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 8 Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kritis, saintifik, TGT
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2014 11:30
Last Modified: 20 Oct 2021 02:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29441

Actions (login required)

View Item View Item