Eksperimen Pembelajaran Matematika Melalui Metode Active Knowledge Sharing Dan Team Accelerated Instruction Ditinjau Dari Keaktifan Siswa (Pada siswa kelas VIII MTs Al – Hidayah Genengadal, Toroh Tahun Ajaran 2013/2014)

Ariani, Lisa and , Dr. Sumardi, M.Si (2014) Eksperimen Pembelajaran Matematika Melalui Metode Active Knowledge Sharing Dan Team Accelerated Instruction Ditinjau Dari Keaktifan Siswa (Pada siswa kelas VIII MTs Al – Hidayah Genengadal, Toroh Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (459kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis : (1) pengaruh antara penggunaan metode pembelajaran Active Knowledge Sharing dan metode pembelajaran Team Accelerated Instruction terhadap prestasi belajar matematika,, (2) pengaruh keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara metode pembelajaran Active Knowledge Sharing dengan metode pembelajaran Team Accelerated Instruction ditinjau dari keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al – Hidayah Genengadal tahun ajaran 2013/2014. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dua kelas, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelian ini yaitu metode angket, metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji komparasi ganda dengan metode Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode pembelajaran Acttive Knowledge sharing dan metode pembelajaran Team Accelerated Instruction terhadap prestasi belajar matematika, dengan FA > Ftabel yaitu FA= 4,37 > 3,996. (2) ada pengaruh yang signifikan antara keaktifan siswa terhadap hasil belajar matematika, dengan FB > Ftabel yaitu FB= 6,45> 3,145. (3) tidak ada interaksi antara metode pembelajaran Acttive Knowledge sharing dan metode pembelajaran Team Accelerated Instruction ditinjau dari keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan FAB < Ftabel yaitu FAB= 0,94 < 3,145.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan; Active Knowledge Sharing; Team Accelerated Instruction; prestasi belajar matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2014 11:16
Last Modified: 20 Oct 2021 02:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29440

Actions (login required)

View Item View Item