Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Make – A Match Dan Course Review Horay Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi (Pada Siswa Kelas VII Semester Genap MTs Al – Hidayah Genengadal, Toroh Tahun Ajaran 2013/2014)

Wafiroh, Arina Zainatul and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2014) Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Make – A Match Dan Course Review Horay Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi (Pada Siswa Kelas VII Semester Genap MTs Al – Hidayah Genengadal, Toroh Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskha Publikasi)
9._naskah_publikasi.pdf

Download (703kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._Halaman_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (198kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._daftar_pustaka.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis : (1) pengaruh antara penggunaan strategi pembelajaran Make - A match dan strategi pembelajaran Course Review Horay terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara strategi pembelajaran Make - A match dengan strategi pembelajaran Course Review Horay ditinjau dari motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al – Hidayah Genengadal tahun ajaran 2013/2014. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dua kelas, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan kedua kelas sampel tersebut menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelian ini yaitu metode angket, metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji komparasi ganda dengan metode Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan strategi pembelajaran Make - A match dan strategi pembelajaran Course Review Horay terhadap prestasi belajar matematika, dengan FA>Ftabel yaitu FA= 4,7922> 3,997. (2) ada pengaruh yang signifikan antara motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar matematika, dengan FB>Ftabel yaitu FB= 6,7629> 3,147. (3) tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran Make - A match dengan strategi pembelajaran Course Review Horay ditinjau dari motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan FB>Ftabel yaitu FAB= 1,4088> 3,147.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi; Make - A match; Course Review Horay; prestasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2014 10:44
Last Modified: 20 Oct 2021 02:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29436

Actions (login required)

View Item View Item