Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Pada Siswa Kelas XII Madrasah Aliyah Infarul Ghoy Semarang Tahun 2013/2014

Mahmudi, Wildana Latif (2014) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Pada Siswa Kelas XII Madrasah Aliyah Infarul Ghoy Semarang Tahun 2013/2014. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (161kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (534kB)

Abstract

Madrasah Aliyah Infarul Ghoy Semarang merupakan lembaga pendidikan yang muatan agama Islamnya lebih besar dibandingkan dengan lembaga pendidikan yang lain seperti SMU dan SMK, tetapi mempunyai permasalahan yang berkenaan dengan siswa dan peraturan sekolah. Dari pengamatan penulis ada beberapa siswa yang melakukan kenakalan atau pelanggaran terhadap peraturan-peraturan sekolah. Peraturan tersebut tidak sepenuhnya dipatuhi oleh seluruh siswa, sehingga perlu adanya penanganan terhadap permasalahan kenakalan siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah apa saja bentuk-bentuk kenakalan siswa kelas XII Madrasah Aliyah Infarul Ghoy Semarang tahun 2013/2014 dan bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kenakalan siswa kelas XII Madrasah Aliyah Infarul Ghoy Semarang tahun 2013/2014 dan strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan fenomenologi. Lokasi penelitian ini di Madrasah Aliyah Infarul Ghoy Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara (Interview) mendalam, observasi (pengamatan), dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah 1) bentuk-bentuk kenakalan siswa kelas XII Madrasah Aliyah Infarul Ghoy Semarang masih dalam kategori kenakalan yang bersifat ringan, yaitu pelanggaran tata tertib sekolah. 2) strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa kelas XII Madrasah Aliyah Infarul Ghoy Semarang meliputi: a) strategi bersifat preventif (pencegahan), dan b) strategi bersifat kuratif (penyembuhan).

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: guru, pendidikan agama Islam, kenakalan siswa, strategi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Jun 2014 09:09
Last Modified: 16 Jun 2014 11:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29405

Actions (login required)

View Item View Item