Manajemen Madrasah Tsanawiyah (Studi Kasus Tentang Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam peningkatan mutu di MTsN Sukoharjo Tahun 2012-2013)

Wibowo, Tri (2014) Manajemen Madrasah Tsanawiyah (Studi Kasus Tentang Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam peningkatan mutu di MTsN Sukoharjo Tahun 2012-2013). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Artikel_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (117kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (824kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ketercapaian tujuan lembaga pendidikan madrasah sangat bergantung dari kecakapan dan kebijkan kepemimpinan kepala madrasah sebagai pemimpin pendidikan. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk Mengetahui Bagaimana pelaksanaan kepemimpinan kepala madrasah dalam melaksanakan fungsinya untuk meningkatkan mutu madrasah. (2) Untuk mengetahui bagaimana peran kepemimpinan kepala madrasah untuk menghadapi kendala dalam menjalankan tugasnya. (3) Untuk mengetahui bagaimana mutu dan prestasi madrasah dapat dicapai. Penelitian dilaksanakan di MTsN Sukoharjo, MTsN Sukoharjomempunyai prestasi yang baik dibidang akademik maupun non akademik, MTsN Sukoharjo didirikan diwilayah kabupaten Sukoharjo. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang berusaha untuk menuturkan yang ada sekarangberdasarkan data-data,penelitian ini juga menyajikan data,menganalisis juga menginterprestasi.Informan dari penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Komite Madrasah, Para Guru.Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan suatu data atau memeriksa kebenaran data yang digunakan cara memperpanjang masa penelitian, pengamatan yang terus menerus, triangulasi, baik triangulasi sumber data maupun triangulasi tehnik pengumpulan data. Analisis data dilakukan tiga tahap yaitu meliputi : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : (1) Kepala Sekolah MTsN Sukoharjo dalam menjalankan kepemimpinannya telah melaksanakan peran dan fungsinya sebagai Edukator, Manajer, Administrator, Supervisor, Leader, Inovator dan Motifator (2) Kendala-kendala yang dihadapi kepala MTsN Sukoharjo yaitu masih adanya guru yang kurang paham terhadap penguasaan penggunaan media pembelajaran,perkembangan teknologi dan kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung dalam proses pembelajaran (3) Dalam pecapaian mutu dan prestasi, madrasah membuat berbagai program yang dikemas melalui pembinaan dan kegiatan bersifat intra maupun ekstra kurikuler.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan; kepala madrasah; mutu madrasah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Jun 2014 08:13
Last Modified: 19 Oct 2021 11:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29401

Actions (login required)

View Item View Item