Radio Komunitas Sebagai Radio Dakwah (Analisis Deskriptif Kualitatif Radio Bani Adam FM sebagai Radio Komunitas Dakwah di Boyolali)

Affandi, Faris and , Drs. Joko Sutarso, S.E, M.Si (2014) Radio Komunitas Sebagai Radio Dakwah (Analisis Deskriptif Kualitatif Radio Bani Adam FM sebagai Radio Komunitas Dakwah di Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (480kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (108kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)

Abstract

Radio merupakan media yang sedikit bisa dibilang kuno bila dibandingkan dengan televisi, radio adalah media yang hanya menggunakan suara dalam penyampaiannya baik itu informasi ataupun sekedar hiburan, dari semua itu penyiaran dalam radio lebih sulit daripada ditelevisi karena hanya mengunakan suara jadi bila menyampaikan informasi harus jelas dan bila melakukan hiburan harus benar-benar sekreatif mungkin penyiarnya karena sangat sulit menghibur hanya dengan suara dibanding dengan adanya visual karena bagaimanapun penyiar dan program memegang peran penting agar tetap eksis dimasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana radio komunitas RBA FM sebagai radio komunitas dakwah di Boyolali. Apakah radio RBA FM ini eksis dimata masyarakat sebagai radio dakwah atau tidak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang menggambarkan fenomena tertentu. Lokasi penelitian dilakukan di Radio Komunitas RBA FM Boyolali. Sampel dari wawancara ini ada 8 orang yang terdiri 3 staff dan karyawan dan 5 pendengar radio RBA FM. Teknik pemilihan informan dengan purposive sampling yaitu memilih informan yang menguasai obyek yang diteliti yaitu staff karyawan dan pendengar radio RBA FM. Berdasarkan penelitian, radio RBA FM telah melalukan berbagai cara untuk mempertahankan eksistensi mereka sebagai media radio yang basisnya radio dakwah, mulai dari merencanakan program yang sesuai dengan radio tersebut, pembuatan insert yang bervariatif, penambahan stok pengajian. Berbagai upaya dalam mempertahan kan eksistensi tersebut belum maksimal, karena ada beberapa nara sumber yang diambil oleh peneliti memberikan saran guna lebih variatif lagi dalam membuat suatu sajian yang baik, agar pendengar juga tidak bosan dalam mendengarkan sajian radio RBA FM.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Radio Komunitas, Program, Pendengar
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Jun 2014 09:32
Last Modified: 18 Oct 2021 07:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29387

Actions (login required)

View Item View Item