Konstruksi Perempuan di Dalam Majalah MALE (Analisis Wacana Terhadap Artikel MALEZONE di Majalah MALE edisi 21 Juni - 16 Agustus 2013)

Mantovani, Candra Putra and , Drs. Joko Sutarso, M.Si (2014) Konstruksi Perempuan di Dalam Majalah MALE (Analisis Wacana Terhadap Artikel MALEZONE di Majalah MALE edisi 21 Juni - 16 Agustus 2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (195kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_Halaman_Depan.pdf

Download (183kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_Bab_1.pdf

Download (120kB)
[img] PDF (Bab II)
04_Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab III)
05_Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07_Daftar_Pustaka.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Lampiran)
08_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Persaingan dalam industri media massa di jaman sekarang, membuat majalah di Indonesia berlomba untuk memberikan inovasi baru untuk menarik perhatian khalayak. Namun terkadang, majalah kesulitan dalam memilih inovasi apa yang tepat untuk menarik perhatian khalayak. Kajian ini menitikberatkan bagaimana perempuan digambarkan didalam suatu artikel yang ditampilkan, hal ini karena mereka sering digambarkan melalui perspektif atau sudut pandang laki-laki sehingga menimbulkan bias gender. Oleh karena itu, permasalahan yang diangkat dalam penampilan perempuan dalam suatu artikel majalah masih belum menyentuh permasalahan yang mendasar mengenai posisi perempuan, yaitu kesetaraan posisi antara laki-laki dan perempuan. Perbedaan tentang mereka inilah yang seringkali menempatkan perempuan pada posisi yang kurang menguntungkan. Majalah MALE adalah majalah pria dewasa yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan informasi terkini. Majalah MALE lebih mengkhususkan kepada pengusaha dan eksekutif, trendsetter dan metroseksual. Segmen pembaca yang dituju adalah kisaran umur 25 sampai dengan 45 tahun. Dari beberapa artikel yang disajikan, terdapat artikel MALEZONE yang banyak membahas tentang perempuan di kota metropolitan. Penelitian ini membedah tentang konstruksi perempuan yang ada di dalam artikel MALEZONE dengan menganalisis 3 teks yang terdapat di dalam artikel tersebut. Penelitian ini menggunakan analisis wacana yang diungkapkan oleh Sara Mills. Mills menekankan bagaimana perempuan dicitrakan dalam teks berita. Peneliti menggunakan elemen-elemen dari posisi subjek-objek dan posisi pembaca dalam teks. Terdapat dua kesimpulan wacana didalam penelitian yang dilakukan peneliti. Pertama, dominasi laki-laki dalam keredaksian majalah MALE sangat mempengaruhi wacana yang dihasilkan. Sebab, wacana yang dihasilkan di dalam teks ditulis dari perspektif laki-laki. Kedua, wacana adanya bias gender semakin kuat karena akses perempuan sangat minim di dalam suatu teks.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: majalah MALE, Konstruksi Perempuan
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Jun 2014 08:34
Last Modified: 18 Oct 2021 06:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29379

Actions (login required)

View Item View Item