Perancangan Portal Dokumen Ilmiah dengan Fasilitas Pencarian yang Menerapkan Ekspansi Kueri

, Nanang and , Husni Thamrin, S.T, M.T, Ph.D and , Umi Fadlilah, S.T., M.Eng. (2014) Perancangan Portal Dokumen Ilmiah dengan Fasilitas Pencarian yang Menerapkan Ekspansi Kueri. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._Halaman_Depan.pdf

Download (779kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (142kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)

Abstract

Portal dokumen ilmiah pada penelitian ini diartikan sebagai aplikasi berbasis web atau situs publikasi dokumen ilmiah atau jurnal ilmiah yang memiliki fasilitas pencarian untuk mempermudah proses pencarian dokumen ilmiah. Seiring dengan banyaknya naskah publikasi yang diunggah, maka perlu juga dipertimbangkan cara menemukan hasil pencarian yang efektif. Oleh karena itu, penulis akan menerapkan ekspansi kueri pada fasilitas pencarian dokumen ilmiah pada aplikasi ini. Ekspansi kueri merupakan cara untuk menambahkan kata atau kosa kata yang diketikkan oleh pengguna untuk memperbesar jumlah hasil temu kembali informasi/dokumen. Tujuan dari penelitian ini, yaitu terbentuknya portal dokumen ilmiah yang menerapkan ekspansi kueri pada asilitas pencarian informasi untuk mempeluas hasil temu kembali informasi/dokumen, namun tetap relevan. Untuk mencapai tujuan itu, maka akan dikembangkan portal dokumen ilmiah berbasis web. Pada aplikasi ini akan diterapkan ekspansi kueri dengan kamus sinonim/persamaan kata sebagai pendukungnya. Beberapa software yang digunakan, yaitu sistem operasi Windows 7, DB Designer 4.0.4.9 Beta, XAMPP versi 1.7.3 yang mendukung web server Aphace, database MySQL dan Bahasa pemrograman PHP, Notepad++ versi 6.5, browser Google Chrome 30.0.1 yang mendukung HTML 5. Hasil ahir dari penelitian akan disimulasikan dan dilaporkan dalam bentuk data perbandingan antara sistem pencarian yang menggunakan ekspansi kueri dengan sistem pencarian tanpa ekspansi kueri sebagai tolak ukur keberhasilan dari penelitian. Diharapkan dengan penerapan ekspansi ini dapat meningkan jumlah hasil temuan jurnal dan relevansinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ekspansi kueri, ilmu komunikasi, pencarian dokumen, portal dokumen ilmiah, temu kembali informasi.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Jun 2014 07:29
Last Modified: 05 Nov 2022 04:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29369

Actions (login required)

View Item View Item