Perbedaan Tekanan Darah Dengan Indeks Massa Tubuh Normal Dan Overweight Pada Pasien Hipertensi Di Rumah Sakit Umum Daerah Karanganyar

Lathiifahayyu, Laylla and , dr. Nur Hidayat, Sp. PD and , dr. Rochmadina Suci Bestari M.Sc (2014) Perbedaan Tekanan Darah Dengan Indeks Massa Tubuh Normal Dan Overweight Pada Pasien Hipertensi Di Rumah Sakit Umum Daerah Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (419kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (369kB)

Abstract

atau sama dengan 140 mmHg dengan tekanan diastolik lebih atau sama dengan 90 mmHg. Salah satu faktor risiko terjadinya hipertensi adalah kelebihan berat badan. Cara untuk mengukur kelebihan berat badan atau tidaknya seseorang secara langsung sangat sulit, untuk itu sebagai pengganti digunakan Body Max Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh (IMT) yaitu perbandingan berat badan (kilogram) dengan kuadrat tinggi badan (meter). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tekanan darah dengan IMT normal dan overweight pada pasien hipertensi di Rumah Sakit Umum Daerah Karanganyar. Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian observasional cross sectional. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan teknik lottery technique dan yang menjadi kriteria dalam pemilihan sampel adalah penderita hipertensi yang melakukan kontrol di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Daerah Karanganyar dengan indeks massa tubuh normal dan overweight sebanyak 60 orang. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari total keseluruhan jumlah sampel sebanyak 60 responden, didapatkan sampel pria sebanyak 33 sampel dan sampel wanita sebanyak 27 sampel. Dimana dari 60 sampel responden hipertensi tersebut dikategorikan ke dalam indeks massa tubuh normal dan overweight untuk dinilai apakah terdapat perbedaan tekanan darah atau tidak. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat perbedaan tekanan darah dengan indeks massa tubuh normal dan overweight pada pasien hipertensi baik tekanan darah sistol maupun diastol. (p<0,05) Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan tekanan darah dengan indeks massa tubuh normal dan overweight pada pasien hipertensi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kunci: Overweight, Hipertensi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Jun 2014 07:59
Last Modified: 20 Oct 2021 04:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29359

Actions (login required)

View Item View Item