Pengaruh Pemberian Vitamin C Dan Zinc Terhadap Motilitas Spermatozoa Mencit Strain Balb/C Yang Diberi Paparan Asap Rokok

Priatna, Eka (2014) Pengaruh Pemberian Vitamin C Dan Zinc Terhadap Motilitas Spermatozoa Mencit Strain Balb/C Yang Diberi Paparan Asap Rokok. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HalamaN Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (164kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (178kB)

Abstract

Latar Belakang : Infertilitas merupakan masalah paling menakutkan dalam kehidupan pasangan suami istri. Masalah ini mengalami peningkatan dalam dekade terakhir ini. Insiden infertilitas ini terjadi pada sekitar 15 persen pasangan. Diduga lebih dari 50% dari keseluruhan kasus infertilitas adalah faktor pria, salah satunya disebabkan karena paparan asap rokok. Paparan asap rokok menyebabkan efek yang merugikan pada sebagian fungsi testis yang diakibatkan oleh stress oksidatif. Vitamin C adalah antioksidan kuat untuk menghindari dampak buruk dari radikal bebas yang berlebih. Zinc merupakan elemen penting untuk pemeliharaan sel-sel germinal, mempengaruhi perkembangan spermatogenesis, dan mempengaruhi motilitas sperma. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui pengaruh pengaruh pemberian vitamin C dan Zinc terhadap motilitas spermatozoa mencit Balb/c yang diberi paparan asap rokok. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode experimental post test only control group design. Sampel penelitian menggunakan mencit Balb/c dibagi menjadi 5 kelompok yang terdiri atas kelompok kontrol negatif yang tidak diberi paparan asap rokok, kelompok kontrol positif yang diberi paparan asap rokok tanpa diberi vitamin C dan Zinc, dan 3 kelompok perlakuan yang diberikan paparan asap rokok kemudian diberikan vitamin C, Zinc, serta kombinasi vitamin C dan Zinc selama 30 hari. Setelah 30 hari, mencit diambil spermanya dan dihitung motilitas sperma mencit Balb/c. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji One Way Anova. Hasil : Terdapat perbedaan bermakna pada kelompok perlakuan yang diberi vitamin C dengan kelompok kontrol negatif yaitu kelompok yang hanya diberikan paparan asap rokok yaitu p=0,032, pada kelompok perlakuan yang diberi Zinc saja tidak terdapat perbedaan bermakna dengan kelompok negatif p=0,241, dan pada kelompok perlakuan yang diberi kombinasi vitamin C dan Zinc terdapat perbedaan bermakna p=0,005 terhadap kelompok kontrol negatif. Kesimpulan : Pemberian vitamin C, Zinc, dan kombinasi vitamin C dan Zinc meningkatkan jumlah motilitas spermatozoa yang bergerak (PR+NP) pada mencit Balb/c yang diberi paparan asap rokok dengan peningkatan sebesar berturut-turut 10%, 8%, 11% dibandingkan dengan kelompok K(+), yaitu kelompok kontrol yang hanya diberi paparan asap rokok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: vitamin C, Zinc, asap rokok, motilitas, spermatozoa
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Jun 2014 07:40
Last Modified: 10 Jun 2014 07:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29358

Actions (login required)

View Item View Item