Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prediksi Peringkat Obligasi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Aulia, Nisa and , Drs. Suyatmin, M.Si (2014) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prediksi Peringkat Obligasi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._COVER_SKRIPSI.pdf

Download (406kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._Daftar_Pustaka.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (245kB)

Abstract

Peringkat obligasi merupakan skala risiko dari semua obligasi yang diperdagangkan. Skala ini menunjukkan seberapa aman suatu obligasi bagi investor. Keamanan ini ditunjukkan dari kemampuan perusahaan dalam membayar bunga dan melunasi pokok pinjaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan (size), leverage, reputasi auditor, dan jaminan (secure) terhadap prediksi peringkat obligasi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan yang mengeluarkan obligasi serta diperingkat oleh PT. PEFINDO. Metode pengambilan sampel dengan cara purposive sampling sesuai kriteria yang telah ditentukan. Jumlah sampel yang terkumpul sebanyak 45 perusahaan. Dengan adanya data outliers sebanyak 12 perusahaan maka sampel menjadi 33 perusahaan. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis data yang terlebih dahulu dilakukan pengujian asumsi klasik sebelum melakukan pengujian hipotesis. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan (size), leverage, dan jaminan (secure) berpengaruh terhadap prediksi peringkat obligasi. Hal ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan (size), leverage, dan jaminan (secure) dapat mempengaruhi baik buruknya peringkat obligasi pada perusahaan manufaktur. Sedangkan reputasi auditor tidak berpengaruh terhadap prediksi peringkat obligasi. Hal ini berarti tinggi rendahnya variabel tersebut tidak berdampak pada baik buruknya peringkat obligasi perusahaan khususnya perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ukuran perusahaan (size), Leverage, Reputasi auditor, Jaminan (secure), Peringkat Obligasi.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Jun 2014 08:40
Last Modified: 15 Oct 2021 23:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29343

Actions (login required)

View Item View Item