Pengaruh Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Belanja Pemerintah Daerah (Studi Kasus Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2009-2011)

Hartitik, Tri and , Drs. Wahyono, MA, Ak (2014) Pengaruh Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Belanja Pemerintah Daerah (Studi Kasus Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2009-2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (622kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (177kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (395kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus(DAK), Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan Pertumbuhan Ekonomi terhadap Belanja Pemerintah Daerah di Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah tahun 2009-2011”. Adapun tujuannya adalah untuk meganalisis Pengaruh Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), Pendapattan Asli Daerah (PAD) dan Pertumbuhan Ekonomi terhadap belanja daerah. Berdasarkan penelitian ini diharapkan memberi masukan bagi pemerintah pusat dan daerah dalam hal penyusunan kebijakan dimana yang akan datang yang berkaitan dengan perencanaan, pengendalian dan evaluasi dari APBD dan APBD. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang didapatkan dari Laporan realisasi APBD yang berupa jumlah Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, Pendapatan Asli Daerah, Pertumbuhan Ekonomi dan Belanja Daerah di Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah tahun 2009-2011. Metode pengumpulan data yang digunakan yang diperoleh dari Dirjen Perimbangan Keuangan Daerah (www.djpk.depkeu.go.id) melalui internet dan Badan Pusat Statistik (BPS). Pengujian Hipotesis dalam penelitian ini mengunakan alat analisis regresi berganda. Hasil penelitian diperoleh bahwa Dana Alokasi Umum diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 dibawah tingkat signifikansi 0,05 (0,000 < α = 0,05); sehingga ada pengaruh signifikan antara Dana Alokasi Umum terhadap Belanja Daerah. Dana Alokasi Khusus diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,007 dibawah tingkat signifikansi 0,05 (0,007 > α = 0,05); sehingga ada pengaruh signifikansi antara Dana Alokasi Khusus terhadap Belanja Daerah. Pendapatan Asli Daerah diperoleh nilai signifikansi 0,000 dibawah tingkat signifikansi 0,05 (0,000 < α = 0,05); sehingga ada pengaruh signifikansi antara Pendapatan Asli Daerah terhadap belanja Daerah. PDRB diperoleh nilai signifikansi 0,004 dibawah tingkat signifikansi 0,05 (0,004> α = 0,05); sehingga ada pengaruh signifikansi antara PDRB terhadap Belanja Daerah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, Pendapatan Asli Daerah, Pertumbuhan Ekonomi, Belanja Daerah
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Jun 2014 08:17
Last Modified: 15 Oct 2021 06:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29315

Actions (login required)

View Item View Item