Pengaruh Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Pengendalian Internal Terhadap Keterandalan Pelaporan Keuangan Daerah (Studi Empiris Pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Di Wilayah Eks Karesidenan Surakarta)

RISTANTI, LARAS CENDRA (2014) Pengaruh Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Pengendalian Internal Terhadap Keterandalan Pelaporan Keuangan Daerah (Studi Empiris Pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Di Wilayah Eks Karesidenan Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (949kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (581kB)

Abstract

Di dalam pelaporan keuangan pemerintah daerah sangat dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas sehingga siap dalam melaporkan keuangan pemerintah daerah. Disamping itu diperlukan pemanfaatan teknologi informasi dengan intensitas yang semakin sering dan pengendalian internal yang semakin efektif. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi dan pengendalian internal berpengaruh terhadap keterandalan pelaporan keuangan daerah. Tujuan penelitian ini adalah memberikan bukti empiris dan menguji pengaruh sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi dan pengendalian internal terhadap keterandalan pelaporan keuangan daerah. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuestioner. Sampel dalam penelitian ini adalah pegawai DPPKAD di Wilayah Eks Karesidenan Surakarta. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 166 responden yang diambil dengan cara menggunakan metode convenience sampling. Metode analisis yang dipakai adalah analisis regresi linier berganda yang sebelumnya data yang akan diolah, terlebih dahulu diuji dengan menggunakan uji asumsi klasik. Pemrosesan data penelitian menggunakan program komputer SPSS versi 17.0. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi dan pengendalian internal berpengaruh terhadap keterandalan pelaporan keuangan daerah. Hasil tersebut menunjukkan bahwa semua hipotesis yang diajukan pada penelitian ini terdukung secara statistik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, pengendalian internal, keterandalan, pelaporan keuangan daerah
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2014 16:19
Last Modified: 03 Jun 2014 16:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29305

Actions (login required)

View Item View Item