Pengaruh Partisipasi Masyarakat Dan Transparansi Kebijakan Publik Serta Pengetahuan Dewan Terhadap Anggaran Dalam Penyusunan APBD (Studi Empiris Pada DPRD Se-Eks Karesidenan Pati)

SARI, EMBUN AYU RATNA (2014) Pengaruh Partisipasi Masyarakat Dan Transparansi Kebijakan Publik Serta Pengetahuan Dewan Terhadap Anggaran Dalam Penyusunan APBD (Studi Empiris Pada DPRD Se-Eks Karesidenan Pati). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (938kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh partisipasi masyarakat dan transparansi kebijakan publik serta pengetahuan dewan terhadap anggaran dalam penyusunan APBD. Variabel independen dalam penelitian ini adalah partisipasi masyarakat, transparansi kebijakan publik dan pengetahuan dewan terhadap anggaran. Variabel dependennya adalah penyusunan APBD. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota DPRS se-Eks Karesidenan Pati dengan teknik pengambilan purposive sampling sejumlah 113 responden. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner yang telah diuji tingkat validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji koefisien determinasi dan asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyusunan APBD, terbukti dari hasil uji t memperoleh nilai 2,300 dengan signifikansi 0,023 (p<0,05) dan H1 diterima. Transparansi kebijakan public berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyusunan APBD, terbukti dari hasil uji t memperoleh nilai 10,433 dengan signifikansi 0,000 (p<0,01) dan H2 diterima. Pengetahuan dewan tentang anggaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyusunan APBD, terbukti dari hasil uji t memperoleh nilai 4,187 dengan signifikansi 0,000 (p<0,05) dan H3 diterima.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat, Transparansi Kebijakan Publik, Pengetahuan Dewan Terhadap Anggaran. Penyusunan APBD
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2014 14:50
Last Modified: 03 Jun 2014 15:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29296

Actions (login required)

View Item View Item