Pengaruh Pengetahuan Dewan Tentang Anggaran Terhadap Pengawasan Keuangan Daerah (APBD) Dengan Komitmen Organisasi, Akuntabilitas, Dan Partisipasi Masyarakat Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada DPRD Kabupaten Pati Dan Jepara)

PRADANI, HANA and , Banu Witono, S.E, M.Si, Ak (2014) Pengaruh Pengetahuan Dewan Tentang Anggaran Terhadap Pengawasan Keuangan Daerah (APBD) Dengan Komitmen Organisasi, Akuntabilitas, Dan Partisipasi Masyarakat Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada DPRD Kabupaten Pati Dan Jepara). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_depan.pdf

Download (542kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (227kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris dengan menggunakan data primer, mengenai pengaruh pengetahuan dewan tentang anggaran terhadap pengawasan keuangan daerah dengan komitmen organisasi, akuntabilitas, dan partisipasi masyarakat sebagai variabel moderating. Sampel yang digunakan adalah anggota dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Kabupaten Pati dan Jepara.Teknik pengambilan sampel yaitu dengan sampel jenuh (sensus).Jumlah responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 90 orang. Metode pengujian instrument pada uji validitas menggunakan korelasi product moment, sedangkan reliabilitasnya di uji crobact alpha. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis mencakup regresi linier berganda, uji F, uji R2 dan uji t. Semua data yang diperoleh sudah memenuhi uji asumsi klasik yang meliputi: uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Berdasarkan hasil pengujian statistik, menunjukkan bahwa pengetahuan dewan tentang anggaran berpengaruh secara statistik signifikan terhadap pengawasan keuangan daerah, interaksi pengetahuan dewan tentang anggaran dengan akuntabilitas dan partisipasi masyarakat berpengaruh secara statistik signifikan terhadap pengawasan keuangan daerah, serta interaksi pengetahuan dewan tentang anggaran dengan komitmen organisasi tidak berpengaruh terhadap pengawasan keuangan daerah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan dewan tentang anggaran, komitmen organisasi, akuntabilitas, partisipasi masyarakat, dan pengawasan keuangan daerah (APBD)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2014 14:11
Last Modified: 15 Oct 2021 02:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29288

Actions (login required)

View Item View Item