Peningkatan Partisipasi Belajar PKn Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Word Square Pada Siswa Kelas IV SD Negeri I Kandangrejo Kabupaten Grobogan

Rochman, Ali Fatkhur and , Dra Risminawati, M.Pd (2014) Peningkatan Partisipasi Belajar PKn Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Word Square Pada Siswa Kelas IV SD Negeri I Kandangrejo Kabupaten Grobogan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (615kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (975kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09._Daptar__pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri I Kandangrejo melalui strategi pembelajaran word square. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah peneliti yang bertindak sebagai guru dan siswa kelas IV SD Negeri I Kandangrejo yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari tiga tahap yakni reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan partisipasi belajar siswa dalam pelajaran PKn meliputi indikator yaitu pada pra siklus kerja sama dan keterlibatan siswa dalam kelompok sebanyak 30% meningkat pada siklus I 60% dan terjadi peningkatan siklus II 85%, mengajukan pertanyaan pra siklus 25% meningkat pada siklus I 65% dan terjadi peningkatan siklus II 80% , berani memberikan tanggapan terhadap jawaban siswa lain pra siklus 20%, meningkat pada siklus I 50%, dan terjadi peningkatan siklus II 75%, mengerjakan soal di depan kelas pra siklus 35%, meningkat pada siklus I 70%, dan terjadi peningkatan siklus II 90%, menjawab pertanyaan yang diajukan guru maupun siswa lain pra siklus 30%,meningkat pada siklus I 60%, dan tejadi peningkatan siklus II 80%. Selain peningkatan indikator partisipasi, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu tingkat ketuntasan belajar pra siklus hanya mencapai 25% atau 5 siswa,kemudian pada siklus I mencapai 15 siswa atau 75% dan meningkat pada siklus II mencapai 18 siswa atau 90%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran word square dapat meningkatkan partisipasi belajar PKn pada siswa kelas IV SD Negeri I Kandangrejo Kabupaten Grobogan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: word square;partisipasi, PKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2014 14:06
Last Modified: 16 Oct 2021 06:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29287

Actions (login required)

View Item View Item