Pengaruh Motivasi Kerja Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru SD Di Kecamatan Sidoharjo Wonogiri Tahun 2013/ 2014

Wulansari, Mei and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2014) Pengaruh Motivasi Kerja Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru SD Di Kecamatan Sidoharjo Wonogiri Tahun 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh motivasi kerja guru dan iklim organisasi dengan kinerja guru di sekolah dasar di Kecamatan Wonogiri Jawa Tengah. Hipotesis yang diuji adalah (1) Motivasi Kerja dapat mempengaruhi kinerja guru SD; (2) Iklim Organisasi dapat mempengaruhi Kinerja Guru SD ; (3)Motivasi Kerja dan Iklim Organisasi dapat mempengaruhi Kinerja Guru SD.Penelitian dilaksanakan pada Sekolah Dasar di Kecamatan Sidoharjo Wonogiri dengan metode penelitian survei. Responden penelitian guru berjumlah 35 orang , dipilih berdasarkan teknik cluster sampling (area smpling).Instrumen menggunakan angket kinerja guru sebagai variabel terikat, sedangkan instrument angket motivasi kerja guru dan angket iklim organisasi sebagai variabel bebas. Instrumen penelitian divalidasi dengan rumus korelasi product moment,sedangkan reliabilitas diukur dengan rumus Alpha Cronbach. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi, observasi, dan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Analisis Regresi untuk mengetahui pengaruh dari variabel bebas dengan variabel terikat. Uji statistika menggunakan uji-t. Analisis data menggunakan regresi ganda uji t dan uji F. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa : (1) Motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa. Hal ini berdasarkan analisis regresi berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,994 > 2,037 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 82,6 % dan sumbangan efektif sebesar 52,5%. (2) Iklim organisasi berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa. Hal ini berdasarkan analisis regresi berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 0,992 > 2,037 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,329 dengan sumbangan relatif sebesar 17,4 % dan sumbangan efektif sebesar 11 %. (3) Motivasi kerja dan Iklim organisasi berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa. Hal ini berdasarkan analisis keberartian regresi berganda (uji F) diketahui bahwa nilai Fhitung > Ftabel, yaitu 27,925 > 3,32 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,00. Dari hasil uji determinasi (R2) sebesar 0,636 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh reward dan ice breaker terhadap minat belajar siswa adalah sebesar 63,6 %, sedangkan sisanya 36,4 % dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Kerja, Iklim Organisasi, dan Kinerja Guru
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2014 13:56
Last Modified: 16 Oct 2021 06:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29284

Actions (login required)

View Item View Item