Analisis Pengaruh Perencanaan Pajak (Tax Planning) Sebagai Upaya Menekan Beban Pajak Penghasilan Perusahaan Terhadap Ekuitas Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2012

EFENDI, IGNA and , Drs. M. Abdul Aris, M.Si. (2014) Analisis Pengaruh Perencanaan Pajak (Tax Planning) Sebagai Upaya Menekan Beban Pajak Penghasilan Perusahaan Terhadap Ekuitas Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[img] PDF (lampiran)
Lampiran_fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (739kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Pengaruh Perencanaan Pajak (Tax Planning) Sebagai Upaya Menekan Beban Pajak Penghasilan Perusahaan Terhadap Ekuitas Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2012”. Adapun tujuannya yaitu untuk menganalisis persentase wajib pajak badan yang telah melakukan perencanaan pajak, menganalisis persentase perusahaan perbankan yang telah melakukan perencanaan pajaknya secara efisien, dan mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh perencanaan pajak terhadap ekuitas perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan tahunan perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2012. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa wajib pajak badan (perusahaan perbankan) yang melakukan perencanaan pajak sebesar 60,87%, sisanya 39,13% masih belum melakukan perencanaan pajak, persentase wajib pajak badan (perusahaan perbankan) yang melakukan perencanaan pajaknya secara efisien sebesar 82,14%, dan perencanaan pajak berpengaruh positif terhadap ekuitas perusahaan, terlihat dari hasil uji t diperoleh thitung 4,407 dengan p-value = 0,000 (p < 0,05), sehingga semakin besar jumlah perencanaan pajak, semakin besar pula kenaikan ekuitas perusahaan dan semakin kecil jumlah perencanaan pajak, semakin menurunkan ekuitas perusahaan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perencanaan pajak, ekuitas
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2014 13:09
Last Modified: 14 Oct 2021 22:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29276

Actions (login required)

View Item View Item