Upaya Meningkatkan Konsentrasi Anak Melalui Media Audio Visual Pada Anak Kelompok A Di TK Nahdlotul Muslimat (NDM) Sondakan Tahun Ajaran 2013/2014

Permata, Annisa Yuniastuti and , Dra. Surtikanti, S.H., M.Pd (2014) Upaya Meningkatkan Konsentrasi Anak Melalui Media Audio Visual Pada Anak Kelompok A Di TK Nahdlotul Muslimat (NDM) Sondakan Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (300kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (608kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi berhitung anak melalui penggunaan media audio visual pada anak kelompok A1 di TK Nahdlotul Muslimat (NDM) Sondakan. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas rangkaian empat kegiatan yang dilakukan dalam siklus secara berulang. Empat kegiatan utama yang ada pada setiap siklus yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data yang diambil dalam penelitian ini berupa data konsentrasi berhitung anak yang diambil melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A1 dan guru TK Nahdlotul Muslimat (NDM) Sondakan. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan konsentrasi berhitung anak melalui media audio visual. Peningkatan tersebut yaitu pada prasiklus sebesar 45,60%, pada siklus I mencapai 63,69% dengan peningkatan dari prasiklus sebesar 18,09%. Pada siklus II rata-rata pencapaian anak sebesar 83% dengan peningkatan mencapai 19,31%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan konsentrasi berhitung anak kelompok A1 di TK Nahdlotul Muslimat (NDM) Sondakan Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: konsentrasi berhitung, media audio visual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2014 11:10
Last Modified: 19 Oct 2021 08:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29259

Actions (login required)

View Item View Item