Upaya Meningkatkan Kecerdasan Verbal Linguistik Anak Melalui Permainan Telepon Ular Pada Anak Kelompok B Di TK Pertiwi 01 Kemiri Mojosongo Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014

Primastuti, Marheni Desi and , Aryati Prasetyarini, S.Pd, M.Pd (2014) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Verbal Linguistik Anak Melalui Permainan Telepon Ular Pada Anak Kelompok B Di TK Pertiwi 01 Kemiri Mojosongo Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan verbal linguistik anak melalui permainan telepon ular pada anak kelompok B di TK Pertiwi 01 Kemiri tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Pertiwi 01 Kemiri tahun pelajaran 2013/2014. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif, yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan data penelitian dapat diambil kesimpulan yaitu: penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan kecerdasan verbal linguistik anak melalui permainan telepon ular, prosentase kecerdasan verbal linguistik pada prasiklus sebesar 28 %, siklus satu sebesar 53 %, siklus dua sebesar 84 %. Untuk meningkatkan kecerdasan verbal linguistik melalui permainan telepon ular juga didukung dengan beberapa indikator, yaitu menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal, membaca beberapa kata berdasarkan gambar, tulisan dan benda yang dikenal/dilihatnya, menyusun kata menjadi bentuk kalimat yang utuh, meniru kembali 4-5 urutan kata, menerima pesan sederhana dan menyampaikan pesan dengan runtut, menceritakan kembali sesuatu berdasarkan ingatannya. Selain itu keberhasilan dalam peningkatan kecerdasan verbal linguistik ini juga didukung dengan metode pendukung, diantaranya bercerita. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui permainan telepon ular dapat meningkatkan kecerdasan verbal linguistik anak kelompok B TK Pertiwi 01 Kemiri.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Verbal Linguistik, Permainan Telepon Ular
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2014 10:23
Last Modified: 19 Oct 2021 08:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29256

Actions (login required)

View Item View Item