Analisis Kinerja Keuangan Dengan Metode Camel Rating System Pada Bank Syariah (Studi Kasus Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk.Tahun 2009-2011)

Oepomo, Martino Pudjo and , Lukman Halkim, SE., M.Si (2014) Analisis Kinerja Keuangan Dengan Metode Camel Rating System Pada Bank Syariah (Studi Kasus Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk.Tahun 2009-2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (276kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)

Abstract

Sektor perbankan memiliki potensi dan peluang yang besar dalam peranannya sebagai sumber pembiayaan bagi masyarakat dan sektor usaha. Sejak banyaknya bank yang dilikuidasi saat terjadinya krisis moneter, membuat Bank Indonesia lebih gencar untuk melakukan restrukturisasi perbankan yang diharapkan dapat memunculkan stuktur perbankan yang kuat, efektif, efisien, dan sehat. Kesehatan suatu bank dapat dinilai melalui pendekatan kualitatif terhadap faktor manajemen dan pendekatan kuantitatif terhadap faktor permodalan, kualitas aktiva, manajemen, rentabilitas, dan likuiditas yang disebut dengan CAMEL. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat kesehatan PT. Bank Muamalat Indonesia, periode 2009-2011 ditinjau dari aspek permodalan, kualitas aktiva, manajemen, rentabilitas dan likuiditas. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu menilai data dengan mendeskripsikan hasil dari perhitungan rasio keuangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk berpredikat sehat dilihat dari nilai kredit faktor berdasarkan capital, assets quality, management, earning dan liquidity. Melalui alat analisis rasio CAMEL, penilaian akhir tingkat kesehatan PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk periode 2009-2011, tahun 2009 sebesar 97,2%, tahun 2010 sebesar 97,2%, dan tahun 2011 sebesar 96,6%. Dari hasil ini menunjukkan PT. Bank Muamalat Indonesia bisa menjaga dan meningkatkan tingkat kesehatannya memenuhi semua ketentuan Bank Indonesia sebagai bank “sehat” sehingga dapat dipercaya oleh masyarakat

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: permodalan, kualitas aktiva, manajemen, rentabilitas, dan likuiditas
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Jun 2014 11:26
Last Modified: 17 Oct 2021 11:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29255

Actions (login required)

View Item View Item