Pengaruh Rasio Profitabilitas Terhadap Perubahan Laba Pada Perusahaan Keuangan Dan Perbankan Yang Go Public Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2011

Hastuti, Diana and , Imronudin, S.E, M.Si, (2014) Pengaruh Rasio Profitabilitas Terhadap Perubahan Laba Pada Perusahaan Keuangan Dan Perbankan Yang Go Public Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (481kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (346kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (146kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Rasio Profitabilitas terhadap Perubahan Laba pada Perusahaan Keuangan dan Perbankan yang Go Public di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2011.” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio keuangan seperti return on asset, return on equity, net profit margin, dan operating profit margin terhadap perubahan laba pada perusahaan keuangan dan perbankan tahun 2010-2011. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahan keuangan dan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2011 yang menerbitkan laporan keuangan pada tahun tersebut. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria yang ditentukan oleh peneliti. Dengan kriteria tersebut, sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 37 yang diambil dari perusahaan keuangan dan perbankan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan yang diterbitkan oleh ICMD (Indonesian Capital Market Directory). Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel return on asset dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,013 tidak berpengaruh terhadap perubahan laba yang ditunjukan oleh nilai signifikansi diatas 0,05 yaitu 0,351. Kemudian variabel return on equity dengan nilai koefisien regresi sebesar -0,015 dengan nilai signifikansi sebesar 0,051 artinya tidak berpengaruh terhadap perubahan laba. Selanjutnya variabel net profit margin dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,009 dengan nilai signifikasi 0,419 artinya net profit margin tidak berpengaruh signifikan terhadap perubahan laba. Terakhir variabel operating profit margin nilai dari koefisien regresi sebesar -0,709. Variabel operating profit margin berpengaruh terhadap perubahan laba dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 adalah sebesar 0,049.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rasio Keuangan, Perubahan Laba.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 May 2014 13:10
Last Modified: 17 Oct 2021 11:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29232

Actions (login required)

View Item View Item