Uji Efek Larvasida Ekstrak Dan Infusa Bunga Kenikir (Tagetes minuta L.) Terhadap Larva Vektor Demam Berdarah Dengue Aedes aegypti L.

Kusuma, Anggita Rizki and , Riandini Aisyah, S.Si, M. Sc. and , dr. Wulandari Berliani Putri (2014) Uji Efek Larvasida Ekstrak Dan Infusa Bunga Kenikir (Tagetes minuta L.) Terhadap Larva Vektor Demam Berdarah Dengue Aedes aegypti L. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya di masyarakat. Vektor penyakit ini adalah nyamuk Aedes aegypti L.. Pencegahan DBD dapat dilakukan dengan pengendalian vektor dalam stadium larva secara biologi dan kimiawi. Nyamuk sudah resistensi terhadap sebagian besar penggunaan insektisida kimiawi. Pengendalian paling tepat dengan menggunakan bahan-bahan alami, salah satunya bunga kenikir (Tagetes minuta L.). Ekstrak dan Infusa bunga kenikir mengandung senyawa aktif saponin dan flavonoid yang bersifat racun bagi larva Aedes aegypti L.Tujuan : Mengetahui efek larvasida ekstrak dan infusa bunga kenikir (Tagetes minuta L.) terhadap larva vektor demam berdarah dengue Aedes aegypti L. Metode Penelitian : penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratoris dengan rancangan true eksperimental - post test only control grup design menggunakan 1.200 larva Aedes aegypti L. instar III dan dibagi dalam 6 kelompok uji perlakuan ekstrak dan 6 kelompok uji perlakuan infusa ( kontrol negatif, 0,10%, 0,20%, 0,30%, 0,40% dan 0,50%) dan tiap perlakuan baik ekstrak maupun infusa dilakukan 4 kali replikasi. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok perlakuan (Anova p<0,05 dan LSD p<0,05). Estimasi LC50 17,883%, LC90 188,297% pada Ekstrak dan Estimasi LC50 19,002%, LC90 207,714% pada Infusa. Ekstrak dan Infusa memiliki efek larvasida yang sama (t-test p>0,05). Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ekstrak dan infusa bunga kenikir memiliki efek larvasida terhadap Aedes aegyti L. Hasil yang signifikan diperoleh dari kelompok perlakuan ekstrak dan infusa pada konsentrasi 0,30%, 0,40% dan 0,50%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ekstrak dan Infusa Bunga Kenikir, Larva Aedes aegypti L.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 26 May 2014 13:01
Last Modified: 20 Oct 2021 04:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29215

Actions (login required)

View Item View Item