Prediksi Financial Distress Perusahaan Manufaktur Dengan Pendekatan Multinomial Logit (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2012)

Prastyo, Septian Dwi and , Dra. Nursiam, Ak,M.H (2014) Prediksi Financial Distress Perusahaan Manufaktur Dengan Pendekatan Multinomial Logit (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (458kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (856kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris yang mempengaruhi kesulitan keuangan perusahaan manufaktur. Studi ini menguji peran dari rasio keuangan dalam memprediksi kesulitan keuangan dalam lingkup Bursa Efek Indonesia. Sampel perusahaan manufaktur terdiri dari 59 perusahaan manufaktur dengan laba bersih positif dan nilai buku ekuitas yang positif dari tahun 2009- 2010. 7 perusahaan manufaktur dengan laba bersih negatif dari tahun 2009-2010, 4 perusahaan manufaktur dengan laba bersih negatif dan nilai buku ekuitas negatif dari tahun 2009-2010. MANOVA digunakan untuk menguji hipotesis pertama, dan Multinomial logit digunakan untuk menguji hipotesis kedua. Dihipotesiskan bahwa rasio-rasio keuangan yang berasal dari laporan laba rugi, laporan posisi keuangan dan laporan arus kas secara signifikan berbeda dan rasio-rasio keuangan dapat digunakan untuk memprediksi finansial distress perusahaan manufaktur. Studi ini menggunakan 3 model untuk menguji peran rasio keuangan dalam memprediksi kesulitan keuangan dalam Bursa Efek Indonesia. Temuan penelitian ini yaitu rasio keuangan yang berasal dari laporan laba rugi, laporan posisi keuangan dan laporan arus kas (CFFOS, WCTA, CACL, GROWTHS, IPPEPPE, dan RPPETS) adalah variabel yang signifikan dalam menetapkan kesulitan keuangan perusahaan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Financial distress, rasio keuangan, laporan laba rugi, laporan posisi keuangan, laporan arus kas, multinomial logit
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 26 May 2014 10:57
Last Modified: 18 Oct 2021 03:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29205

Actions (login required)

View Item View Item