Analisis Perbandingan Efisiensi Antara BPR Konvensional Dan BPR Syariah Di Surakarta Dengan Menggunakan Metode Data Envelopment Analysis (DEA) ( Periode Tahun 2011.4 - 2013.3 )

Adilho, Nurlaili and , Eny Seyowati, SE, M.Si (2014) Analisis Perbandingan Efisiensi Antara BPR Konvensional Dan BPR Syariah Di Surakarta Dengan Menggunakan Metode Data Envelopment Analysis (DEA) ( Periode Tahun 2011.4 - 2013.3 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (763kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (519kB)
[img]
Preview
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf

Download (276kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (847kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sektor keuangan terutama industri perbankan berperan sangat penting bagi aktivitas perekonomian suatu negara. BPR juga merupakan bagian dari sistem perbankan yang mempunyai peranan besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menjelaskan perbandingan tingkat efisiensi antara BPR konvensional dengan BPR syariah dengan menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA). Pengukuran efisiensi teknik yang menggunakan multi input dan output ini diharapkan dapat mengukur dan mengetahui perbandingan kinerja antara BPR konvensional dengan syariah di Surakarta. BPR dikatakan memiliki kinerja yang efisien jika memiliki skor efisiensi 1 atau 100% dan dikatakan semakin tidak efisien jika mendekati 0. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 6 BPR, yang terdiri dari 3 BPR konvensional dan 3 BPR syariah selama periode 2011.4 sampai 2013.3. Input yang digunakan dalam penelitian ini adalah DPK, biaya bunga atau biaya bagi hasil, dan biaya operasional lainnya. Sedangkan outputnya adalah jumlah pendapatan dari penyaluran dana dan pendapatan operasional lainnya. Hasil analisis dengan menggunakan DEA menunjukkan bahwa hanya ada 1 BPR yang kinerjanya sudah efisien, dimana BPR tersebut masuk dalam kategori BPR syariah. Sedangkan BPR yang mengalami inefisiensi paling tinggi masuk dalam kategori BPR konvensional. Akhir dari penelitian ini adalah saran bagi BPR yang tidak efisien untuk melakukan kebijakan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas kinerja BPR.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BPR, efisiensi, Data Envelopment Analysis (DEA)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 26 May 2014 07:12
Last Modified: 19 Oct 2021 02:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29172

Actions (login required)

View Item View Item