Analisis Pengaruh Pajak Daerah, Dana Alokasi Umum Dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Terhadap Meningkatnya Belanja Daerah Di Kota Surakarta Tahun 1990-2011

SURYO D, A. ROHMAT and , Drs Yuni Prihadi Utomo, MM (2014) Analisis Pengaruh Pajak Daerah, Dana Alokasi Umum Dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Terhadap Meningkatnya Belanja Daerah Di Kota Surakarta Tahun 1990-2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (116kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._ARTIKEL_PUBLIKASI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh Pajak Daerah, Dana Alokasi Umum, Produk Domestik Regional Bruto perkapita, Pengangguran, Tingkat Pendidikan, dan Inflasi baik secara parsial maupun secara simultan terhadap meningkatnya Belanja Daerah di Kota Surakarta tahun 1990-2011. Data yang digunakan adalah data sekunder (time series) dalam kurun waktu 1990-2011 yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) kota Surakarta serta sumber lainnya yang relevan dengan penelitian ini. Adapun data yang digunakan meliputi data Belanja Daerah, Pajak Daerah, Dana Alokasi Umum, PDRB Perkapita, Pengangguran, Tingkat Pendidikan dan Inflasi. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan metode Ordinary Least Square (OLS) Berdasarkan hasil Analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa hanya ada dua variabel independent yang memiliki pengaruh terhadap variabel dependent yaitu hanya variabel Dana Alokasi Umum dan PDRB Perkapita yang berpengaruh terhadap Belanja Daerah. Secara simulatan menunjukkan variabel Pajak Daerah, Dana Alokasi Umum, PDRB Perkapita, Pengangguran, Tingkat Pendidikan, dan Inflasi berpengaruh terhadap Belanja Daerah Kota Surakarta. Uji kebaikan model, pada R2 (Koefisien Determinasi Majemuk) menunjukkan variasi peningkatan Belanja Daerah tahun 1990 – 2011 dapat dijelaskan oleh variasi variabel independen dalam model statistik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Balanja Daerah, Kota Surakarta, dan Peningkatan Belanja
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 26 May 2014 05:40
Last Modified: 19 Oct 2021 01:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29163

Actions (login required)

View Item View Item