Pengaruh Penerapatn Corporate Governance Terhadap Pertumbuhan Laba Perusahaan (Studi Kasus Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEI Periode 2009-2012)

Hanif, Muhamad and , Drs. Syamsudin, MM (2014) Pengaruh Penerapatn Corporate Governance Terhadap Pertumbuhan Laba Perusahaan (Studi Kasus Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEI Periode 2009-2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Artikel_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (418kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (524kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (238kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (279kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran dewan komisaris, ukuran dewan komisaris independen, dewan direksi, komite audit dan kepemilikan institusional terhadap kinerja keuangan. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan terhadap isu tentang penerapan corporate governance (CG) yang mempengaruhi kinerja nkeuangan khusunya pada perusahaan perbankan. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Populasi pada penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2009-2012. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan purposive sampling, sehingga dalam penelitian diperoleh 30 perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2009-2012 sebagai sampel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ukuran dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan (ROA) dan kinerja keuangan bukan merupakan variabel moderating hubungan antara ukuran dewan komisaris dengan nilai perusahaan, sehingga H1 ditolak. Ukuran dewan komisaris independen berpengaruh terhadap kinerja keuangan (ROA) dan kinerja keuangan merupakan variabel moderating hubungan antara ukuran dewan komisaris independen dengan nilai perusahaan, sehingga H2 diterima. Ukuran dewan direksi tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan (ROA) dan kinerja keuangan bukan merupakan variabel moderating hubungan antara ukuran dewan direksi dengan nilai perusahaan, sehingga H3 ditolak. Ukuran komite audit berpengaruh terhadap kinerja keuangan (ROA), dan kinerja keuangan bukan merupakan variabel moderating hubungan antara ukuran komite audit dengan nilai perusahaan, sehingga H4 diterima. Kepemilikan institusional berpengaruh terhadap kinerja keuangan (ROA), dan kinerja keuangan bukan merupakan variabel moderating hubungan antara kepemilikan institusional dengan nilai perusahaan, sehingga H5 diterima. Hasil pengujian asumsi klasik menunjukkan bahwa asumsi-asumsi dari model regresi linear klasik, penaksisran OLS memiliki varians yang terendah di antara penaksir-penaksir linear lainnya: dalam hal ini, penaksiran OLS disebut sebagai penaksir tak bias linear terbaik (best linear unbiased estimators/BLUE).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Good corporate governance, kinerja keuangan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 May 2014 12:56
Last Modified: 16 Oct 2021 14:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29157

Actions (login required)

View Item View Item