Peningkatan Keaktifan Dalam Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Pada Siswa Kelas IV SD Islam Sukolilo Tahun Pelajaran 2013/2014

Purwasih, Revi Anggraita Dwi and , Drs. M. Yahya, M.Si (2014) Peningkatan Keaktifan Dalam Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Pada Siswa Kelas IV SD Islam Sukolilo Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (587kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (145kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Islam Sukolilo yang berjumlah 17 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Adapun peningkatan hasil dapat dilihat dari prosentase keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I prosentase keaktifan siswa sebesar 71% atau 12 siswa yang aktif dan pada siklus II sebesar 88% atau 15 siswa yang aktif. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan belajar siswa, model pembelajaran team assisted individualization (TAI)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 May 2014 08:12
Last Modified: 15 Oct 2021 02:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29151

Actions (login required)

View Item View Item