Peningkatan Keaktifan Dalam Pembelajaran IPS Materi Lingkungan Alam Dan Buatan Melalui Metode Problem Based Instruction (PBI) Pada Siswa Kelas III Semester 1 SDN 3 Grobogan Tahun Pelajaran 2013/2014

Yanti, Yanti and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, MH. (2014) Peningkatan Keaktifan Dalam Pembelajaran IPS Materi Lingkungan Alam Dan Buatan Melalui Metode Problem Based Instruction (PBI) Pada Siswa Kelas III Semester 1 SDN 3 Grobogan Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
09_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (374kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (606kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02_BAB_I.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Bab II)
03_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab III)
04_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab IV)
05_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] PDF (Bab V)
06_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Lampiran)
08_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan pembelajaran ips materi lingkungan alam dan buatan melalui metode Problem Based Instruction (PBI) pada siswa kelas III SDN 3 Grobogan semester I tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan tahapan-tahapan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, siklus pertama dilaksanakan dua pertemuan, dilanjutkan siklus kedua yang dilaksanakan dalam dua pertemuan. Berdasarkan deskripsi pelaksanaan tindakan, hasil penelitian, dan pembahasan, diperoleh data adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran pada setiap siklus. Prasiklus keaktifan yang diraih siswa 49,1%, siklus 1 keaktifan siswa 65,1%, sedangkan pada siklus 2 keaktifan siswa meningkat menjadi 75,3%. Jadi dari prasiklus ke siklus 1 meningkat 8, kemudian meningkat 17 pada siklus 2. Kesimpulan bahwa melalui metode pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran IPS materi lingkungan alam dan buatan pada siswa di kelas III semester 1 SDN 3 Grobogan tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan keaktifan dalam pembelajaran IPS, Metode Problem Based Instruction(PBI
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 May 2014 07:55
Last Modified: 15 Oct 2021 02:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29150

Actions (login required)

View Item View Item