Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis PKn Melalui Strategi Pembelajaran True Or False Pada Siswa Kelas IV SDN Penambuhan 01 Tahun Pelajaran 2013/ 2014

Krisdian, Ully (2014) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis PKn Melalui Strategi Pembelajaran True Or False Pada Siswa Kelas IV SDN Penambuhan 01 Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (460kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (293kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatka Kemampuan Berpikir Kritis PKn melalui strategi True or False. Penelitian yang digunakan ini adalah PTK. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas IV dan guru SDN Penambuhan 01 pada tanggal 04 Oktober-Desember 2013. Tahapan penelitian terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 2 siklus, siklus pertama dilakukan dua pertemuan dan siklus kedua dilakukan satu kali pertemuan. Subjeknya siswa kelas IV SDN Penambuhan 01 yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 9 siswa putra dan 11 siswa putri dengan objek penelitiannya adalah kemampuan berpikir kritis siswaserta strategi True or False. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan observasi, wawancara, tes evaluasi, dan dokumentasi. Indikator kemampuan berpikir kritis PKn adalah sebagai berikut: (1) menentukan masalah atau isu nyata, proyek atau keputusan yang betul-betul dipertimbangkan untuk dikritisi; (2) menentukan poin-poin yang menjadi pandangan; (3) bahasa yang digunakan harus; (4) membuat alasan yang mendasari dalam fakta-fakta yang menyakinkan; dan (5) mengajukan kesimpulan. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Penambuhan 01setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi True or False Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus diketahui kemampuan berpikir kritis siswa rendah dengan presentase 42%. Pada siklus I terdapat siswa sedikit meningkat pada tahap sedang dengan nilai presentase kemampuan berpikir kritis siswa 53% dan pada siklus II kemampuan berpikir kritis siswa sangat baik dengan presentase 91%. Hal ini membuktikan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan strategi true or false.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan; kemampuan berpikir kritis PKn; strategi true orfalse.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 May 2014 12:51
Last Modified: 01 Jun 2014 09:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29144

Actions (login required)

View Item View Item