Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Melalui Strategi Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Siswa Kelas V SDN Kedumulyo Tahun Pelajaran 2013/ 2014

Widiastuti, Sari and , Drs.Saring Marsudi, M.Pd (2014) Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Melalui Strategi Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Siswa Kelas V SDN Kedumulyo Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_SARI.pdf

Download (240kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (389kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Lampiram)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatka aktivitas dan hasil belajar IPA melalui strategi STAD. Penelitian yang digunakan ini adalah PTK. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas V dan guru SDN Kedumulyo 01 pada tanggal 04 Oktober-Desember 2013. Tahapan penelitian terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 2 siklus, siklus pertama dilakukan dua pertemuan dan siklus kedua dilakukan satu kali pertemuan. Subjeknya siswa kelas V SDN Kedumulyo 01 yang berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 7 siswa putra dan 9 siswa putri dengan objek penelitiannya adalah aktivitas dan hasil belajar siswaserta strategi STAD. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Indikator aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA adalah sebagai berikut: (1) antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran; (2) interaksi siswa dengan siswa; (3) kerjasama kelompok; (4) aktivitas siswa dalam belajar kelompok; dan (5) partisipasi siswa dalam menyimpulkan materi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kedumulyo 01setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi STAD Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus diketahui aktivitas belajar siswa rendah dengan presentase 42% dan hasil belajar yang memenuhi KKM hanya 31%. Pada siklus I terdapat siswa sedikit meningkat pada tahap sedang dengan nilai presentase aktivitas hasil belajar siswa 62% dan hasil belajar siswa yang memenuhi KKM 44%. Pada siklus II aktivitas belajar dan hasil belajar siswa sangat baik dengan presentase 87,6% dan hasil belajar siswa yang memenuhi KKM mencapai 88%. Hal ini membuktikan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan strategi STAD

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan; aktivitas dan hasil belajar IPA; strategi STAD.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 May 2014 12:36
Last Modified: 14 Oct 2021 06:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29142

Actions (login required)

View Item View Item