Penerapan Strategi TTW (Think-Talk-Write) Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Bangun Ruang Siswa Kelas V SDN Ngemplak Kidul 03 Tahun Ajaran 2013/2014

Subhan., Mohammad and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd (2014) Penerapan Strategi TTW (Think-Talk-Write) Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Bangun Ruang Siswa Kelas V SDN Ngemplak Kidul 03 Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (289kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (923kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (219kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (844kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan meningkatkan kemampuan pemecahan matematika melalui penerapan strategi pembelajaran TTW (Think-Talk-Write). Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Ngemplak Kidul 03 yang berjumlah 24 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa, dan didukung dengan dokumentasi foto proses pembelajaran di kelas. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui Observasi, Interview (Wawancara), Tes, Dokumentasi. Teknik validitas data menggunakan bentuk trianggulasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana.Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing–masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika siswa. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan pada siklus I, ditandai dengan dengan jumlah siswa yang skornya di atas KKM (65) ada 18 siswa dengan persentase 75 %. Pada siklus ini belum memenuhi indikator pencapaian keberhasilan sebesar 80%, sehingga penelitian pada siklus I harus dilanjutkan ke siklus berikutnya (siklus II) untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil yang sesuai dengan indikator pencapaian yang telah ditetapkan. Pada siklus II, persentase pada tiap-tiap aspek kemampuan pemecahan masalah telah mencapai persentase di atas 80% dengan kenaikan persentase jumlah siswa yang skornya mencapai KKM (65) ada 21 siswa dengan persentase 86 %. Dengan demikian dapat di katakan bahwa hasil penelitian pada siklus II telah memenuhi indikator pencapaian sebesar 80%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Ttw (Think-Talk-Write), Kemampuan Pemecahan Masalah, Bangun Ruang
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 May 2014 12:28
Last Modified: 14 Oct 2021 06:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29141

Actions (login required)

View Item View Item