Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Kelas IV Melalui Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together Di SD Negeri 2 Mireng Tahun 2013/2014

Kurniawati, Etik (2014) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Kelas IV Melalui Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together Di SD Negeri 2 Mireng Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (816kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_.pdf

Download (161kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (588kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV tahun 2013/2014 dengan menggunakan strategi pembelajaran Numbered Heads Together(NHT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Mireng, Trucuk, Klaten yang berjumlah 15 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber, sedang analisis data secara deskriptif kualitatif alur yang dilalui meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah dianalisis diperoleh hasil penelitian ini menunjukkan setelah diterapkan strategi Numbered Heads Together(NHT) pada pembelajaran IPA terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar IPA di SD Negeri 2 Mireng, Trucuk. Hal ini dapat dilihat dari aspek (1) motivasi belajar pada kondisi awal sebelum tindakan 47,22%, siklus I 58,33% dan diakhir tindakan Siklus II menjadi 80%, (2) hasil belajar siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal pada kondisi awal sebelum tindakan 46,67%, Siklus I 66,67% dan diakhir tindakan Siklus II meningkat menjadi 86,67%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan diterapkannya strategi pembelajaran Numbered Heads Together(NHT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Negeri 2 Mireng Tahun 2013/2014

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan motivasi, hasil belajar, IPA, Numbered Heads Together
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 May 2014 10:16
Last Modified: 01 Jun 2014 10:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29137

Actions (login required)

View Item View Item