Peningkatan Minat Belajar Ipa Melalui Strategi Make A Match Pada Siswa Kelas IV SDN Mancasan 04 Kec Baki Kab. Sukoharjo Tahun 2013 / 2014

Prihatiningsih, Ajeng and , Drs. Muhroji, SE, M.Si (2014) Peningkatan Minat Belajar Ipa Melalui Strategi Make A Match Pada Siswa Kelas IV SDN Mancasan 04 Kec Baki Kab. Sukoharjo Tahun 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (154kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (239kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dengan strategi pembelajaran Make a match pada siswa kelas IV SDN Mancasan 04 Tahun 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, tiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan dan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Jenis data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif untuk mengetahui hasil belajar, dan data kualitatif untuk mengetahui minat belajar. Sumber data yang digunakan adalah informan, nilai hasil belajar, hasil pengamatan proses pembelajaran IPA, minat belajar. Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, lembar proses pembelajaran, dan soal. Validasi data dilakukan melalui teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data meliputi tiga tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penerima tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Mancasan 04 sebanyak 19 siswa, terdiri dari 11 putra dan 8 putri di SDN Manacasan 04 Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo, sedangkan subjek pelaku tindakan dalam penelitian ini adalah guru yang meneliti atau peneliti. Indikator dari minat belajar adalah meningkatnya keterlibatan, perhatian dan ketertarikan siswa sehingga dapat mencapai nilai minimal 64 % sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar IPA pada siswa sebelum diterapkan strategi pembelajaran make a match adalah 41,3%, pada siklus I meningkat menjadi 67,73% dan pada siklus II meningkat menjadi 82,25%. Nilai rata-rata sebelum dilaksanakan tindakan (prasiklus) adalah 60, pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 67,63, dan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 73,68. Jadi Dengan demikian hasil ini menunjukkan terpenuhinya kriteria indikator ketercapaian, yaitu 75% siswa mendapat nilai di atas 64. Terbukti dengan prosentase ketuntasan sebanyak 31,58% pada kondisi awal (prasiklus) menjadi 89,47% pada kondisi akhir (siklus II). Dari hasil yang telah diuraikan tersebut terbukti bahwa dengan strategi make a match, minat belajar IPA siswa kelas IV SDN Mancasan 04 Baki sukoharjo dapat ditingkatkan sehingga hasil belajar juga meningkat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, make a match
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 May 2014 10:03
Last Modified: 14 Oct 2021 04:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29136

Actions (login required)

View Item View Item