Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Tentang Kenampakan Alam Melalui Metode Jigsaw Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Jemawan Jatinom, Klaten Tahun 2013/2014

Cahyaningsih, Anita (2014) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Tentang Kenampakan Alam Melalui Metode Jigsaw Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Jemawan Jatinom, Klaten Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (452kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] PDF (Lampiran)
HALAMAN_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (768kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (347kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS tentang kenampakan alam melalui metode Jigsaw siswa Kelas IV SD Negeri 1 Jemawan, Jatinom. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Jemawan Tahun 2013 yang berjumlah 16 siswa terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan serta guru kelas IV. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas melalui dua siklus, tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data aspek kognitif dengan tes tertulis dan data tentang aspek afektif dan psikomotorik menggunakan lembar pengamatan. Teknik analisis data yang peneliti gunakan dengan teknik deskriptif komperatif untuk membandingkan hasil antar siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS. Peningkatan motivasi siswa menunjukkan kemajuan dari kondisi awal rata-rata sebesar 62,0 %, kemudian setelah diberi tindakan pada siklus I dengan menerapkan metode Jigsaw menjadi sebesar 71,4 %, dan setelah diberi tindakan pada siklus II menjadi sebesar 81,3 %. Peningkatan hasil belajar menunjukkan kemajuan dari kondisi awal rata-rata sebesar 61,25, kemudian setelah diberi tindakan pada siklus I menjadi sebesar 66,25, dan setelah diberi tindakan pada siklus II menjadi sebesar 75,63. Ketuntasan siswa juga mengalami peningkatan dari kondisi awal sebesar 37,50 %, kemudian setelah diberi tindakan pada siklus I menjadi sebesar 56,25 %, dan setelah diberi tindakan pada siklus II menjadi sebesar 81,25 %. Berdasarkan analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan : “Diduga penggunaan metode Jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Jemawan, Jatinom, Klaten Tahun 2013/2014” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPS, Jigsaw.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 May 2014 08:48
Last Modified: 01 Jun 2014 11:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29133

Actions (login required)

View Item View Item