Peningkatan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Melalui Strategi Pembelajaran Role Playing Siswa Kelas VA SD Islam Terpadu Hidayah Klaten Tahun 2013/ 2014

Widyastuti, Heni and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2014) Peningkatan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Melalui Strategi Pembelajaran Role Playing Siswa Kelas VA SD Islam Terpadu Hidayah Klaten Tahun 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (228kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (243kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (792kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui strategi pembelajaran role playing, 2) Meningkatkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui strategi pembelajaran role playing, Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA yang berjumlah 36 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik validitas data yang digunakan triangulasi sumber, sedangkan teknik validitas instrumennya teknik validitas isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran role playing dapat meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan berbicara Bahasa Indonesia siswa kelas VA SD Islam Terpadu Hidayah Klaten Tahun 2013/ 2014.Jika pada pra tindakan hanya 4 anak yang mendapat predikat sangat terampil dan 1 anak dengan predikat terampil, maka pada siklus I meningkat menjadi 5 anak yang mendapat predikat sangat terampil dan 10 anak dengan predikat terampil. Pada siklus II meningkat lagi menjadi 16 anak dengan predikat sangat terampil dan 13 anak dengan predikat terampil. Itu berarti tingkat keterampilan berbicara anak meningkat dari 13,8 % pada pra tindakan menjadi 38,8% pada siklus I dan 80,1 % pada siklus II. Motivasi belajar Bahasa Indonesia juga mengalami peningkatan. Pada pra tindakan siswa yang memperoleh predikat baik hanya 4 anak,kemudian meningkat menjadi 9 anak pada siklus I. Sementara pada siklus II terdapat 24 anak dengan predikat baik dan 6 anak dengan predikat sangat baik. Itu berarti terjadi peningkatan motivasi belajar Bahasa Indonesia dari pra tindakan 11 % menjadi 25 % pada siklus I dan 83,2 % pada siklus II. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa strategi pembelajaran role playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara dan motivasi belajar Bahasa Indonesia siswakelas VA SD Islam Terpadu Hidayah Klaten Tahun 2013/ 2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, Keterampilan berbicara, Role playing, BahasaIndonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 May 2014 08:01
Last Modified: 14 Oct 2021 04:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29130

Actions (login required)

View Item View Item