ANALISIS PENGARUH TINGKAT KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PERUSAHAAN ASURANSI BUMI PUTERA DI BOYOLALI

IRAWAN , DEKI (2009) ANALISIS PENGARUH TINGKAT KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PERUSAHAAN ASURANSI BUMI PUTERA DI BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100040175.pdf

Download (150kB)
[img] PDF
B100040175.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian yang akan dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Perusahaan Asuransi Bumi Putera di Boyolali. Sehingga dari hasil penelitian dapat mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada Perusahaan Asuransi Bumi Putera di Boyolali, sehingga dapat menerapkan strategi yang tepat untuk semakin meningkatkan loyalitas pelanggan pada Perusahaan Asuransi Bumi Putera di Boyolali. Alat analisis yang digunakan untuk menjawab hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Perusahaan Asuransi Bumi Putera di Boyolali yang berjumlah sekitar 12.000 orang. Adapun sampel dari penelitian ini adalah 100 konsumen Perusahaan Asuransi Bumi Putera di Boyolali dengan Convinience Sampling sebagai teknik pengambilannya. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tangible (X1) dengan nilai thitung sebesar 2,957 > 1,986; berarti berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Perusahaan Asuransi Bumi Putera di Boyolali. Reliability (X2) dengan nilai thitung sebesar 4,974 > 1,986; berarti berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Perusahaan Asuransi Bumi Putera di Boyolali. Responsiveness (X3) dengan nilai thitung sebesar 4,350 > 1,986; berarti berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Perusahaan Asuransi Bumi Putera di Boyolali. Assurance (X4) dengan nilai thitung sebesar 4,915 > 1,986; berarti berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Perusahaan Asuransi Bumi Putera di Boyolali. Emphaty (X5) dengan nilai thitung sebesar 5,139 > 1,986; berarti berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Perusahaan Asuransi Bumi Putera di Boyolali. Hasil perhitungan F statistik diperoleh nilai Fhitung sebesar 54,237 > 2,29 menunjukkan bahwa tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty secara bersama-sama berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Perusahaan Asuransi Bumi Putera di Boyolali. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,746 berarti tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty memberi sumbangan terhadap perubahan loyalitas pelanggan Perusahaan Asuransi Bumi Putera di Boyolali sebesar 74,6%, sedangkan sisanya sebesar 25,4% dapat dijelaskan oleh variabel yang lain di luar model. Nilai koefisien beta variabel emphaty lebih besar dibandingkan dengan variabel-variabel yang lainnya yaitu sebesar 0,304; berarti emphaty lebih dominan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Perusahaan Asuransi Bumi Putera di Boyolali dibandingkan variabel-variabel yang lain. Hasil penelitian ini hampir sesuai dengan penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Achmad & Ainaini (2006) dengan hasil menunjukkan bahwa reliability, assurance dan empahaty masing-masing mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pasien puskesmas-puskesmas di Surakarta, sedangkan responsiveness dan tangible tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty, kepuasan pelanggan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 20 Jun 2009 01:24
Last Modified: 16 Nov 2010 19:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2913

Actions (login required)

View Item View Item