Pengaruh Konsentrasi Ekstrak Etanol Daun Seledri (Apium graveolens) Terhadap Hambatan Pertumbuhan Candida albicans In Vitro

Rachmawati, Ika and , drg. Edi Karyadi, M.M and , drg. Sartari Entin Yuletnawati, MDSc (2014) Pengaruh Konsentrasi Ekstrak Etanol Daun Seledri (Apium graveolens) Terhadap Hambatan Pertumbuhan Candida albicans In Vitro. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMA_DEPAN.pdf

Download (524kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (111kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (670kB)

Abstract

Latar Belakang : Candida albicans merupakan jamur yang paling sering menyebabkan infeksi oportunistik yang menginfeksi oral apabila terdapat faktor predisposisi yang mendasari dalam tubuh pejamu. Penelitian dilakukan untuk mengetahui efektivitas tanaman obat berbahan alam sebagai antijamur. Seledri (Apium graveolens) pada umumnya digunakan sebagai penurun tekanan darah (antihipertensi), tetapi fungsinya sebagai antijamur belum banyak diteliti. Seledri (Apium graveolens) mengandung beberapa senyawa aktif, yaitu berupa flavonoid berupa apigenin dan quercetrin 1,7%, saponin 0,36%, tannin 1%, limonene, sedanoline, kumarin dan minyak atsiri 0,33% yang diketahui memiliki aktivitas antijamur yang efektif dengan cara merusak dinding sel jamur. Tujuan : untuk mengetahui daya antijamur ekstrak etanol daun seledri (Apium graveolens) terhadap Candida albicans secara in vitro. Metode : Penelitian ini adalah eksperimental murni laboratoris dengan metode post-test control group design only. Sampel penelitian adalah Candida albicans yang diperoleh secara isolatif dari biakan murni Laboratorium Mikrobiologi, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Ekstrak etanol daun seledri 0%, 20%, 40% dan 80% diuji daya antijamur terhadap Candida albicans menggunakan metode difusi sumuran. Pada media Mueller Hinton Agar diusapkan biakan jamur Candida albicans secara merata kemudian dibuat sumuran dengan diameter 6 mm yang kemudian diisi dengan ekstrak etanol daun seledri berbagai konsentrasi dan aquadest steril sebagai konsentrasi 0 % (kontrol negatif). Diinkubasi pada suhu 37ºC selama 24 jam, kemudian diukur zona radikal (zona bening) yang terbentuk dengan vernier calipers. Hasil : Ekstrak etanol daun seledri 20 %, 40% dan 80% mempunyai daya antijamur yang efektif terhadap Candida albicans. Dengan rerata diameter zona hambat dari diameter terkecil hingga diameter terbesar pada masing- masing sumuran adalah 4,76 mm, 6,66 mm dan 8,25 mm. hasil uji One-Way ANOVA didapatkan nilai sig 0,000 (sig < 0.05) dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh konsentrasi ekstrak etanol daun seledri (Apium graveolens) terhadap hambatan pertumbuhan Candida albicans. Kesimpulan : Konsentrasi ekstrak etanol daun seledri (Apium graveolens) berpengaruh dalam menghambat pertumbuhan C. alb in vitro. Konsentrasi ekstrak etanol daun seledri (Apium graveolens) 80% paling berpengaruh dalam menghambat pertumbuhan Candida albicans jika dibandingkan dengan konsentrasi 0%, 20% dan 80%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ekstrak etanol daun seledri (Apium graveolens), Antijamur, Candida albicans
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 May 2014 07:43
Last Modified: 20 Oct 2021 06:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29129

Actions (login required)

View Item View Item