Pelaksanaan Perjanjian Pembiayaan Konsumen Dengan Jaminan Fidusia (Studi Kasus Pada PT. Federal International Finance (FIF))

Suantika, Septiajeng and , Septarina Budiwati, S.H.,M.H and , Moh. Sanjojo, S.H., M.Hum (2014) Pelaksanaan Perjanjian Pembiayaan Konsumen Dengan Jaminan Fidusia (Studi Kasus Pada PT. Federal International Finance (FIF)). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (640kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (132kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk dan isi perjanjian pembiayaan konsumen dengan jaminan fidusia, pelaksanaan perjanjian dan hambatan-hambatan yang muncul dalam pelaksanaan di PT. Federal International Finance. Metode analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa bentuk dan isi perjanjian pembiayaan konsumen dengan jaminan fidusia di PT. Federal International Finance merupakan perjanjian baku atau perjanjian standar secara tertulis, dan disertai materai. Pelaksanaan perjanjian pembiayaan konsumen segi hukum perdata terdiri asas kebebasan berkontrak dan perundang undangan di bidang hukum perdata. Ketentuan mengenai pemberian jaminan fidusia harus dibuatkan akta otentik, ada faktur pembelian dan BPKB yang akan dibuat dan dikeluarkan atas nama debitur, akan dijadikan jaminan secara fidusia, namun selama hutang debitur belum dibayar lunas, maka dokumen kendaraan akan disimpan kreditur untuk digunakan apabila diperlukan dan debitur tidak berhak dan tidak dapat dengan alasan apapun meminta dan meminjam dokumen kendaraan tersebut. Hambatan-hambatan yang muncul dalam pelaksanaanya adalah saat perjanjian pemberian jaminan fidusia, terjadinya penunggakan sehingga mengarah kepada terjadinya wanprestasi, terjadinya pengalihan kendaraan atau over credit pada pihak lain tanpa adanya izin dari pihak perusahaan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pelaksanaan perjanjian pembiayaan konsumen, jaminan fidusia
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 21 May 2014 12:10
Last Modified: 20 Oct 2021 02:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29114

Actions (login required)

View Item View Item