Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Melalui Strategi Pembelajaran Giving Question And Getting Answers Pada Siswa Kelas IV SDN Krandan Tahun Pelajaran 2013/ 2014

Juharti, Sri and , Drs.Saring Marsudi, M.Pd (2014) Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Melalui Strategi Pembelajaran Giving Question And Getting Answers Pada Siswa Kelas IV SDN Krandan Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
08_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (246kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
00_DEPAN.pdf

Download (723kB)
[img] PDF (Bab I)
01_BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab II)
02_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] PDF (Bab III)
03_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (Bab IV)
04_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img] PDF (Bab V)
05_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
06_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] PDF (Lampiran)
07_LAMPIRAN_PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatka keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui strategi Giving question and getting answers. Penelitian yang digunakan ini adalah PTK. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas IV dan guru SDN Krandan pada tanggal 04 Oktober-Desember 2013. Tahapan penelitian terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 2 siklus, siklus pertama dilakukan dua pertemuan dan siklus kedua dilakukan satu kali pertemuan. Subjeknya siswa kelas IV SDN Krandan yang berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 15 siswa putra dan 6 siswa putri dengan objek penelitiannya adalah keaktifan dan hasil belajar siswaserta strategi Giving question and getting answers. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Indikator keaktifan belajar IPA adalah sebagai berikut: (1) perhatian siswa terhadap penjelasan guru; (2) kerjasama dalam kelompok; (3) kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat dalam kelompok; (4) memberi kesempatan berpendapat kepada teman kelompok; (5) memberi gagasan yang cemerlang. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Krandan setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi giving question and getting answers Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus diketahui keaktifan belajar siswa rendah dengan presentase 56% dan yang memenuhi KKM hanya 24% siswa. Pada siklus I terdapat siswa sedikit meningkat pada tahap sedang dengan nilai presentase keaktifan belajar siswa 70,8% dan hasil belajar siswa yang memenuhi KKM mencapai 38% sedangkan pada siklus II keaktifan belajar siswa sangat baik dengan presentase 84,6% dan yang memenuhi KKM mencapai 95%. Hal ini membuktikan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan penerapan strategi giving question and getting answers.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan; keaktifan dan hasil belajar IPA; strategi giving question and getting answers.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 21 May 2014 12:05
Last Modified: 18 Oct 2021 04:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29113

Actions (login required)

View Item View Item