Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Bermain Peran Pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah II Kecamatan Sragen Kabupaten Sragen Tahun 2013/2014

Rukmini, Rukmini and , Dra. Surtikanti, S.H, M.Pd (2014) Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Bermain Peran Pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah II Kecamatan Sragen Kabupaten Sragen Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (515kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (146kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (98kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini dengan bermain peran di TK Aisyiyah II Sragen tahun ajaran 2013/2014. Subyek pelaksanaan tindakan ini adalah anak kelompok A di TK Aisyiyah II yang berjumlah 18 anak. Objek penelitian ini adalah guru dan anak TK Aisyiyah II Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen Tahun 2013/2014. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan hasil persentase pencapaian setiap anak dengan persentase keberhasilan yang telah ditentukan peneliti pada setiap siklusnya, analisa data pembelajaran bermain peran dilakukan dengan analisis interaktif. Hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan berbahasa anak melalui bermain peran. Kemampuan berbahasa anak pada pra siklus mencapai 11,11%, siklus pertama 61,11%, dan siklus kedua menjadi 83,33%. Selain itu, dapat disimpulkan bahwa variasi dalam pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam peningkatan kemampuan berbahasa melalui bermain peran karena pembelajaran dilakukan di luar kelas. Dengan demikian, dapat terbukti bahwa penerapan bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok A di TK Aisyiyah II Sragen tahun ajaran 2013/2014

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berbahasa, bermain peran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 May 2014 09:51
Last Modified: 20 Oct 2021 04:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29106

Actions (login required)

View Item View Item