Peningkatan Motivasi Belajar Dalam Pelajaran IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 5 Karangrayung Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2013/2014

Lusiana, Dyah and , Drs. M. Yahya, M.Si (2014) Peningkatan Motivasi Belajar Dalam Pelajaran IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 5 Karangrayung Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (259kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (157kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran IPA dengan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) pada siswa kelas VI SD Negeri 5 Karangrayung Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru sejawat yang membantu pelaksanaan penelitian. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas VI SD Negeri 5 Karangrayung yang berjumlah 39 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Adapun prosedur penelitian dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data untuk motivasi belajar siswa dengan analisis komparatif sedangkan analisis data untuk pelaksanaan model pembelajaran TGT dengan analisis kritis. Hasil penelitian yaitu: model pembelajaran TGT dapat meningkatkan motivasi belajar IPA pada siswa kelas VI SD Negeri 5 Karangrayung Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan. Dibuktikan dengan hasil observasi motivasi belajar siswa pada Pra Siklus yang semula 16,67% kemudian pada pada siklus I menjadi 62,18%, dan pada siklus II menjadi 85,90%. Hasil observasi model pembelajaran TGT dari Siklus I sebesar 69,44% kemudian pada Siklus II meningkat menjadi 88.90%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan motivasi belajar IPA pada siswa kelas VI SD Negeri 5 Karangrayung Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar IPA, model pembelajaran TGT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 20 May 2014 13:20
Last Modified: 21 Oct 2021 02:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29095

Actions (login required)

View Item View Item