Pengaruh Lingkungan Kerja, Kedisiplinan, Motivasi, Upah Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Survey Pada Karyawan Bagian Penjualan Dealer Putra Utama Motor Cabang Sukoharjo)

Yustiana, Shiella Swastika and , Abdul Kharis Almashari, SE,Ak, M.Si (2014) Pengaruh Lingkungan Kerja, Kedisiplinan, Motivasi, Upah Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Survey Pada Karyawan Bagian Penjualan Dealer Putra Utama Motor Cabang Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf

Download (640kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (449kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penyusunan kebijakan yang menjadi perhatian sistem manajemen salah satunya menyangkut pemberdayaan sumber daya manusia. Sumber daya manusia dalam suatu organisasi merupakan peranan yang sangat penting bagi keefektifan berjalannya kegiatan di dalam suatu perusahaan. Segala macam aspek yang berkaitan dengan sumberdaya manusia pada akhirnya turut mempengaruhi output perusahaan yang bersangkutan. Mengingat perannya yang sangat penting, maka sudah selayaknya suatu perusahaan melakukan suatu mekanisme pemeliharaan sumberdaya manusia dengan memperhatikan kepuasan kerja karyawankaryawannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan kerja, kedisiplinan, motivasi, upah dan komitmen organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan pada bagian penjualan Dealer Putra Utama Motor Cabang Sukoharjo. Jenis penelitian adalah empiris dengan menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan bagian penjualan pada Lima Dealer Putra Utama Motor Cabang Sukoharjo. Sampel dalam penelitian ini diambi dengan metode Convenience sampling sejumlah 50 responden. Hasil pengumpulan data uji kualitasnya dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda, uji f, uji t dan R² serta uji data dengan menggunakan SPSS Versi 15 untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Lingkungan kerja, kedisiplinan, motivasi, upah dan komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Terbukti dari hasil analisis regresi berganda yang memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (34,161 > 2,45) dengan nilai p< 0,05 diterima pada taraf signifikansi 5%. Artinya, Lingkungan yang nyaman, tingginya tingkat kedisiplinan, motivasi, upah, dan komitmen organisasi maka semakin berpengaruhnya terhadap tingkat kepuasan kerja karyawan yang di lakukan; (2) Lingkungan kerja, kedisiplinan, motivasi, upah dan komitmen organisasi berpengaruh sebesar 79,5% terhadap kepuasan kerja karyawan. Terbukti dari hasil uji koefisien determinasi yang memperoleh nilai adjusted R2 sebesar 0,795, sedangkan sisanya 20,5% dapat dijelaskan oleh variabel lain diluar model.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: lingkungan kerja, kedisiplinan, motivasi, upah, komitmen organisasi, kepuasan kerja karyawan
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 20 May 2014 13:17
Last Modified: 15 Oct 2021 06:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29094

Actions (login required)

View Item View Item