Bentuk Pendidikan Kesiapsiagaan Bencana Banjir Pada Siswa Di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura

Sari, Yunita (2014) Bentuk Pendidikan Kesiapsiagaan Bencana Banjir Pada Siswa Di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (620kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat kesiapsiagaan bencana banjir melalui praktik biopori pada siswa di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura dan mengetahui bentuk pendidikan pada siswa di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura terhadap kesiapsiagaan banjir. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survey. Dalam penelitian ini menggunakan sampling acak sederhana, dengan populasi sebanyak 465 siswa dan sampelnya 24 siswa. Hasil analisis data tingkat pemahaman kesiapsiagaan siswa SMP Muhammadiyah 1 Kartasura termasuk dalam katagori siswa yang siap dalam menghadapi bencana banjir setelah adanya praktik biopori yaitu dalam katagori siap, karena dari hasil perhitungan yang diperoleh indeks kesiapsiagaan sebelum adanya praktik biopori menunjukkan bahwa nilai 72,26 sedangkan hasil dari perhitungan yang diperoleh indeks kesiapsiagaan setelah adanya praktik biopori yaitu 76,66 merupakan kategori 65 - 79 yaitu kategori Siap, sehingga setelah adanya praktik biopori dan diberikan penyuluhan di dalam kelas dari hasil penelitian dapat disimpulkan yaitu “Tingkat kesiapsiagaan siswa kelas SMP Muhammadiyah 1 Kartasura dalam kesiapsiagaan bencana banjir termasuk dalam katagori Siap ”. Karya ilmiah remaja (KIR) merupakan bentuk pendidikan yang di dalamnya diajarkan pendidikan praktik biopori guna untuk kesiapsiagaan bencana banjir. Deskripsi hasil penelitian dan pengamatan siswa ketika melakukan praktik biopori di lingkungan sekolah dapat disimpulkan sebagai berikut : siswa senang karena adanya ekstrakurikuler KIR yang diwajibkan oleh pihak sekolah terhadap kesiapsiagaan bencana banjir melalui praktik biopori di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura. Setelah adanya praktik biopori terhadap pentingnya kesiapsiagaan bencana banjir usehingga siswa dapat mewaspadai dan mengantisipasi terjadinya bencana banjir. SMP Muhammadiyah 1 Kartasura merupakan salah satu tempat diadakannya ekstrakurikuler KIR yang di dalamnya terdapat Pendidikan Praktik Biopori, dari adanya Pendidikan praktik biopori siswa dapat meningkatkan kesiapsiagaan serta siswa dapat mengetahui keunggulan dan manfaat dari biopori bagi lingkungan sekitar. Selain pengetahuan dan mendapatkan tambahan ilmu, siswa dapat terjun langsung dan ikut serta dalam pembuatan lubang resapan biopori.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesiapsiagaan, Banjir, Biopori
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Siti Nuzilah
Date Deposited: 20 May 2014 12:53
Last Modified: 01 Jun 2014 20:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29091

Actions (login required)

View Item View Item