Perbedaan Status Gizi, Aktivitas Fisik Dan Prestasi Belajar Siswa Yang Mengikuti Dan Tidak Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Di SMA Muhammadiyah 1 Gubug Grobogan

Yustanti, Isro Nawangsih and , Muwakhidah, SKM, M.Kes and , Luluk Ria Rakhma, S.Gz., M.Gizi (2014) Perbedaan Status Gizi, Aktivitas Fisik Dan Prestasi Belajar Siswa Yang Mengikuti Dan Tidak Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Di SMA Muhammadiyah 1 Gubug Grobogan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (565kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (150kB)

Abstract

Latar Belakang : Anak-anak yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler mempunyai status gizi dan aktivitas fisik yang kurang dari pada anak yang mengikuti ekstrakurikuler sehingga bisa mengakibatkan menurunnya prestasi belajar. Kondisi tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata anak yang tidak mengikuti ekstrakurikuler sebanyak 43,5% lebih rendah dari pada anak yang mengukuti kegiatan ekstrakurikuler. Tujuan : Untuk mengetahui perbedaan status gizi, aktivitas fisik dan prestasi belajar siswa yang mengikuti dan tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di SMA Muhammadiyah 1 Gubug Purwodadi Grobogan Metode : Jenis Penelitian ini merupakan penelitian Observasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Data status gizi dengan menggunakan antropometri, aktivitas fisik menggunakan recall 7x24 jam berturut-turut dan prestasi belajar menggunakan hasil nilai kognitif (MID Semester). Untuk menganalisis perbedaan dengan menggunakan uji Independent T Test. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan deskripsi karakteristik responden pada siswa SMA yaitu karakterikstik jenis kelamin responden sebagian besar (62,73%) adalah perempuan. Umur responden sebagian besar 16 tahun (49,09%). Status gizi responden yang mengikuti ekstrakurikuler sebagian besar (54,55%) adalah kategori normal sedangkan status gizi responden yang tidak mengikuti ekstrakuriler sebagian besar (47,27%) adalah kategori kurus. Aktivitas fisik responden yang mengikuti ekstrakuriler sebagian besar (52,73%) adalah kategori sedang sedangkan aktivitas fisik responden yang tidak mengikuti ekstrakurikuler sebagian besar (60%) adalah kategori ringan. Prestasi belajar responden yang mengikuti ekstrakurikuler sebagian besar (67,28%) adalah kategori baik sedangkan prestasi belajar responden yang tidak mengikuti ekstrakurikuler sebagian besar (72,73%) adalah kategori cukup. Kesimpulan : Tidak ada perbedaan status gizi antara siswa yang mengikuti dan tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler (p=0,222). Ada perbedaan aktivitas fisik antara siswa yang mengikuti dan tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler (p=0,000). Ada perbedaan prestasi belajar siswa yang mengikuti dan tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler (p=0,000).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas fisik, kegiatan ekstrakurikuler, prestasi belajar, status gizi
Subjects: Q Science > QP Physiology
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 20 May 2014 12:31
Last Modified: 09 Sep 2022 06:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29088

Actions (login required)

View Item View Item