MOTIVASI GURU DITINJAU DARI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PEMBERDAYAAN GURU PADA SMP AL ISLAM 1 SURAKARTA

EKAWATI , SULISTYO (2009) MOTIVASI GURU DITINJAU DARI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PEMBERDAYAAN GURU PADA SMP AL ISLAM 1 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210040041.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img]
Preview
PDF
A210040041.pdf

Download (64kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi guru SMP Al Islam 1 Surakarta; (2) pengaruh pemberdayaan guru terhadap motivasi guru SMP Al Islam 1 Surakarta; (3) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan pemberdayaan guru terhadap motivasi guru SMP Al Islam 1 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada SMP Al Islam 1 Surakarta, sebagai populasi adalah guru SMP Al Islam 1 Surakarta yang berjumlah 72 orang. Penelitian ini tidak menggunakan sampel karena merupakan penelitian populasi. Pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Sebelum digunakan dalam penelitian, angket diuji cobakan terlebih dahulu untuk mengetahui validitas dan reliabilitas, kemudian dilakukan uji prasyarat analisis untuk mengetahui linieritas dan normalitas. baru dilakukan pengujian hipotesis dengan teknik analisis regresi berganda, uji t, uji F dan perhitungan sumbangan relatif serta sumbangan efektif dengan bantuan program SPSS for Windows V.11.5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Persamaan regresi yang diperoleh adalah sebagai berikut: Y = 4,440 + 0,172.X1 + 0,212.X2. Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif terhadap motivasi guru SMP Al Islam 1 Surakarta, ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi guru sebesar 0,172. Pemberdayaan guru berpengaruh positif terhadap motivasi guru SMP Al Islam 1 Surakarta, ditunjukkan oleh nilai keofisien regresi pengaruh pemberdayaan guru terhadap motivasi guru sebesar 0,212. Kepemimpinan kepala sekolah dan pemberdayaan guru berpengaruh terhadap motivasi guru SMP Al Islam 1 Surakarta, ditunjukkan oleh nilai F hitung sebesar 3,790 sementara F tabel sebesar 3,15 atau 3,790 > 3,15. Variabel (X1) dan variabel (X2) memberikan sumbangan relatif terhadap (Y) masing-masing sebesar 44,8% dan 55,2% sementara variabel (X1) dan variabel (X2) memberikan sumbangan efektif terhadap (Y) masing-masing sebesar 3,67% dan 4,52%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: motivasi, kepemimpinan kepala sekolah dan pemberdayaan guru.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 18 Jul 2009 02:34
Last Modified: 16 Nov 2010 19:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2908

Actions (login required)

View Item View Item