Penerapan Metode Pembelajaran Jigsaw Dalam Menumbuhkan Rasa Sosialsiswa Di Kelas (Studi Eksperimen Di MTs N 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014)

, Widiyanto and , Drs. Bambang Raharjo, M.Ag. (2014) Penerapan Metode Pembelajaran Jigsaw Dalam Menumbuhkan Rasa Sosialsiswa Di Kelas (Studi Eksperimen Di MTs N 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan, khususnya yang dilakukan di sekolah dan di kelaskelas siswa, terdapat banyak siswa yang memiliki latar belakang yang berbeda antara satu dengan yang lainnya (heterogen). Maka dengan keadaan yang seperti itu setiap siswa dituntut untuk bisa bersosialisasi dan bekerja sama dengan siswa yang lain. Sosialisasi merupakan proses belajar bersikap dan berperilaku sesuai dengan tututan sosial sehingga mampu hidup bermasyarakat dengan orang-orang di sekitarnya. Proses sosialisasi dilakukan melalui belajar berperilaku dan memainkan peran sosial yang dapat diterima oleh orang lain, serta mengembangkan sikap sosial sehingga akhirnya dapat melakukan penyesuaian sosial. Kemampuan peserta didik bersosialisasi antara lain dipengaruhi oleh kesempatan, waktu dan motivasi untuk bersosialisasi, kemampuan berkomunikasi dengan bahasa yang dapat dimengerti, dan metode belajar efektif serta bimbingan bersosialisasi. Dalam penelitian ini, masalah yang diangkat adalah bagaimana penerapan metode pembelajaran jigsaw dalam menumbuhkan rasa sosial siswa dalam kelas di MTs Negeri 1 Surakarta. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi penerapan metode pembelajaran jigsaw dalam menumbuhkan rasa sosial siswa dalam kelas di MTs Negeri 1 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Selain itu, penelitian ini juga untuk mengetahui mekanisme penerapan metode pembelajaran jigsaw yang benar dan mengatahui indikator-indikator sikap dan perilaku sosial pada siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran jigsaw tersebut. Sedangkan manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini adalah untuk dapat dijadikan sebagai bahan masukan dan pertimbangan bagi guru (guru Agama khususnya), untuk meningkatkan keprofesionalan sebagai tenaga pendidik yang berkualitas dengan menggunakan berbagai macam metode pengajaran yang bervariasi, salah satunya adalah dengan menggunakan metode pembelajaran jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Yaitu penelitian langsung yang dilaksanakan di lapangan atau kehidupan yang sebenarnya secara spesifik dan realis tentang apa yang sedang terjadi. Adapun objek dari penelitian ini adalah guru Agama Pendidikan Islam dan siswa kelas VIII F MTs Negeri 1 Surakarta yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan eksperimen, interview kepada guru Pendidikan Agama Islam, Sedangkan observasi dilakukan di dalam kelas dan lingkungan sekolah, serta dokumentasi yang penulis gunakan untuk memperoleh data-data dalam penelitian ini. Adapun analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan kualitatif deskriptif dengan pola berpikir induktif. Kesimpulam dari penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran jigsaw dapat menumbuhkan rasa sosial pada diri siswa, adapun sikap atau perilaku siswa yang menunjukan rasa sosial setelah diterapkannya metode pembelajaran jigsaw dapat dilihat dari beberapa indikator sebagai berikut : 1) Siswa membentuk kelompok belajar dengan tanpa membeda-bedakan jenis kelamin, tingkat kecerdasan, dan tingkatan strata sosial kereka, 2) Siswa saling bekerja sama dalam memahami materi, 3) Siswa secara bergantian saling menjelaskan dan mengajarkan materi yang mereka kuasai, 4) Siswa yang memiliki kemampuan lebih menjadi peka untuk membantu teman sekelompoknya yang memiliki kemampuan kurang dengan cara memberikan penjelasan materi yang dikuasainya, 5) Siswa merasa senang dan bangga setelah dapat membantu anggota kelompok lain yang belum bisa memahami materi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Jigsaw, Rasa Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 20 May 2014 08:25
Last Modified: 20 Oct 2021 00:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29068

Actions (login required)

View Item View Item