Pengaruh Sinetron Tukang Bubur Naik Haji Terhadap Pendidikan Akhlak Remaja (Studi Kasus Di Dukuh Pengkol, Kaligawe, Pedan, Klaten)

Jayanto, Nanang (2014) Pengaruh Sinetron Tukang Bubur Naik Haji Terhadap Pendidikan Akhlak Remaja (Studi Kasus Di Dukuh Pengkol, Kaligawe, Pedan, Klaten). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada dasarnya pendidikan, dalam hal ini pendidikan akhlak remaja merupakan suatu hal penting yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. karena pendidikan merupakan kebutuhan hidup manusia seperti halnya akhlak yang menempati posisi sangat penting dalam islam, karena kesempurnaan Islam seseorang tergantung pada kebaikan dan kemuliaan akhlaknya. Akhlak yang baik tidak akan terwujud pada seseorang tanpa adanya pembinaan yang dilakukan. Dalam konsep pendidikan akhlak segala sesuatu itu dinilai haq dan batil, terpuji dan tercela, karena pendidikan akhlak itu bersumber pada Al-Qur’an dan Al- Hadist. Ada banyak cara dalam penyampaian pendidikan akhlak, salah satunya adalah yang digunakan Imam Tantowi. Ia menyampaikan pendidikan akhlak melalui karya sastranya. Dengan melihat latar belakang di atas maka yang menjadi permasalahan adalah nilainilai pendidikan akhlak, penokohan dan pengaruh terhadap pendidikan akhlak remaja di dukuh Pengkol kaligawe Pedan Klaten. Yang ditampilkan dala sinetron Tukang Bubur Naik Haji The Series karya Imam Tantowi. Jenis penelitian dalam skripsi ini penelitian lapangan dan menggunakan penelitian kualitatif yang mana memerlukan data kata-kata tertulis, peristiwa dan perilaku yang diamati. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan content analisis yaitu teknik penelitian untuk membuat inferensi-inferensi yang dapat ditiru dan sahih data dengan memperhatikan konteksnya (Krippendornff dalam Esti, 2011: 81). Hasil yang dapat diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam sinetron Tukang Bubur Naik Haji diantaranya: nilai pendidikan akhlak terhadap Allah (Shalat, Dzikir, Berdoa dan Bersyukur serta tunduk patuh kepada Allah), nilai pendidikan akhlak terhadap manusia meliputi: nilai pendidikan akhlak terhadap diri sendiri (Jujur, Sabar, Bersyukur, Bekerja keras) nilai pendidikan akhlak terhadap keluarga (Penuh kasih sayang, Berbakti kepada orang tua) nilai pendidikan akhlak terhadap masyarakat (Berbuat baik kepada sesama), dan nilai-nilai pendidikan akhlak terhadap alam (melestarikan alam seperti membuang sampah pada tempatnya). (2)Karakteristik tokoh dalam sinetron Tukang Bubur Naik Haji diantaranya adalah: karakter tokoh H. Sulam yang berkepribadian baik, peduli sesama, suka membantu dan bekerja keras berkat ketekunannya usahanya semakin maju dan sukses, ia dapat naik haji beserta ibunya. Karakter tokoh H. Muhidin yang berkepribadian tidak baik, suka mencela, Iri, Dengki dan suka pamer. (3) Pengaruh sinetron tukang bubur naik haji terhadap pendidikan akhlak remaja meliputi: pengaruh yang bersifat Kognitif (berkaitan dengan pengetahuan dan opini), pengaruh bersifat Afektif (berkaitan dengan sikap dan perasaan) dan pengaruh yang bersifat Psiko-Motorik (berkaitan dengan perubahan sikap).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Akhlak, Sinetron
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 16:15
Last Modified: 02 Jun 2014 03:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29064

Actions (login required)

View Item View Item