Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Anak Menghafal Al Quran Di SDIT Ar Risalah Kartasura Tahun Pelajaran 2012/2013

Nurkholis, Ahmad and , Dra. Mahasri Shobahiya, M.Ag. (2014) Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Anak Menghafal Al Quran Di SDIT Ar Risalah Kartasura Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (247kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (88kB)

Abstract

Hafal Al Qur’an adalah suatu kemuliaan bagi penghafalnya, karena Al Qur’an tidak akan masuk kedalam hati seseorang kecuali mendapat petunjuk dari Allah swt. Usia anak-anak adalah waktu yang cocok untuk menghafal Al Qur’an. Diusia itu, fikiran masih jernih sehingga lebih mudah untuk menghafal Al Qur’an. Namun menghafal Al Qur’an bukanlah pekerjaan yang mudah, diperlukan ketekunan, tekat yang tinggi, motivasi yang kuat, metode yang cocok dan dukungan dari orang tua. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran dan upaya orang tua untuk meningkatkan motivasi anak menghafal Al Qur’an di SDIT Ar Risalah Kartasura tahun pelajaran 2012/2013? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran dan upaya orang tua dalam meningkatkan motivasi anak menghafal Al Qur’an di SDIT Ar Risalah Kartasura tahun pelajaran 2012/2013. Sedangkan manfaat dari penelitian ini meliputi manfaat teoritis yaitu hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan hasanah keilmuan dalam dunia pendidikan; dan manfaat praktis ya itu hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan pada orang tua tentang bagaimana cara membimbing anak dalam menghafal Al Qur’an. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif sederhana. Metode pengum pulan data dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, studi dokumen, dan observasi. Metode analisis data dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif sederhana. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa, peran orang tua dalam meningkatkan motivasi anak menghafal Al Qur’an adalah orang tua sebagai pembimbing, pengontrol dan motivator. Adapun upaya orang tua untuk meningkatkan motivasi anak secara intrinsik dalam menghafal Al Qur’an adalah: (a) Orang tua berusaha membangkitkan ketertarikan dalam menghafaldengan suasana belaja r yang menarik dan menyenangkan, (b) Orang tua berusaha mempertahankan dan membangkitkan keinginan dalam menghafal Al Qur’an,(c)Orang tua menggunakan berbagai cara penyajian yang menarik, dan(d) Orang tua memberikan kesempatan pada anak untuk menentukan pilihan sendiri. Sedangkanmotivasi secara ekstrinsik adalah: (a) Orang tua mengungkapkan harapan yang jelas pada anak, (b) Orang tua memberikan tanggapan yang jelas terhadap hafalan anak, (c) Orang tua segera memberikan tanggapan terhadap hafalan anak, (d) Orang tua sering memberikan tanggapan terhadap hasil hafalan anak, (e) Orang tua memberikan penghargaan terhadap hasil hafalan anak, dan (f) Orang tua memberikan lingkungan yang kondusif untuk menghafal Al Qur’an.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 16:05
Last Modified: 20 Oct 2021 00:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29063

Actions (login required)

View Item View Item