Kompetensi Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Evaluasi Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Semester Gasal Tahun Pelajaran 2013 ( SMP Muhammadiyah 5 Surakarta )

Lestari, Sri and , Dr. M. Abdul Fattah Santoso, M. Ag. (2014) Kompetensi Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Evaluasi Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Semester Gasal Tahun Pelajaran 2013 ( SMP Muhammadiyah 5 Surakarta ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (74kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Evaluasi hasil belajar adalah salah satu unsur penting dalam proses belajar-mengajar. Dengan evaluasi, dapat diketahui berhasil tidaknya suatu program pengajaran yang hendak dicapai. Kompetensi guru dalam melakukan evaluasi belajar termasuk dalam kompetensi pedagogik, di mana dalam kompetensi pedagogik salah satu tugas guru adalah merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran. Guru dikatakan berkompeten dalam merancang soal ketika soal tersebut memiliki validitas isi dan validitas konstruksi (susunan). Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang kompetensi guru al-Qur’an Hadits dalam evaluasi hasil belajar siswa kelas VIII semester gasal tahun pelajaran 2013 di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dan secara umum bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru al-Qur’an Hadits dalam evaluasi hasil belajar ketika diterapkan dalam merancang soal tes tertulis untuk ulangan semester gasal. Secara khusus, bertujuan untuk mengetahui guru al-Qur’an Hadits dalam membuat soal tes tertulis untuk ulangan semester gasal disesuaikan dengan tuntutan silabi kurikulum dan teori Bloom tentang hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan ( field research). Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, dan observasi. Adapun analisis data bersifat deskriptif kualitatif, dengan menggunakan metode analisis deduktif. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa secara umum, guru al- Qur’an Hadits berkompeten dalam merancang soal tes tertulis untuk ulangan semester gasal di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Secara khusus, guru al- Qur’an Hadits berkompeten dalam merancang soal tes tertulis disesuaikan dengan tuntutan silabi kurikulum, soal yang dirancang atau disusun mewakili 16 ayat (84%) dari 19 ayat, yaitu QS.Al-Baqarah ayat 83-94 kemudian 96, 97, 99 dan 101. Adapun tiga ayat yang tidak tercantum dalam soal yaitu QS.Al-Baqarah 95, 98 dan 100 ketiga ayat tersebut mengulang kandungan ayat sebelumnya. Kandungan ayat 95 merupakan pengulang kandungan ayat 94, ayat 98 merupakan pengulang kandungan ayat 97 dan ayat 100 merupakan pengulang kandungan ayat 99. Sementara Hadits pilihan sudah mewakili 2 Hadits tentang Iman dari Hadits riwayat Muslim. Guru al-Qur’an Hadits berkompeten dalam merancang soal tes tertulis disesuaikan dengan teori Bloom mencapai pada tingkatan ranah kognitif, yaitu pengetahuan (12 butir soal, 27%), pemahaman (23 butir soal, 51%), penerapan (6 butir soal, 13%), sintesis (4 butir soal, 9%), dan belum ada soal yang mencapai tingkatan analisis dan evaluasi. Berdasarkan data itu, sebagian besar soal (91%) berada pada kategori ranah kognitif jenjang dasar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Evaluasi Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 15:38
Last Modified: 20 Oct 2021 00:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29060

Actions (login required)

View Item View Item